Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

ANTUSIASME PESERTA TINGGI DI ZOOMINAR: PUBLIKASI ILMIAH DAN ETIKA PENULISAN BPSDM KOMINFO MANADO

21-08-2020 oleh BPSDMP Kominfo Manado gambar

(Manado, 21/08/2020). Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika Manado mengadakan Zoominar dengan judul “Publikasi Ilmiah dan Etika Penulisan”. Zoominar ini merupakan rangkaian dari Zoominar Series Jurnal Ilmiah ketiga, di mana dua kelas sebelumnya berjudul “Menuju Jurnal Ilmiah Terakreditasi” dan “Pengelolaan Sitasi Menggunakan Mendeley” telah selesai dilaksanakan. Seri ketiga ini berlangsung pada hari Jumat, 19 Agustus 2020 pukul 14.00 – 16.00 WITA. Narasumber yang membawa materi pada Zoominar kali ini adalah Pegiat Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik dan penulis aktif Jurnal Sinta 2, Christiany Juditha, S.Sos., MA.


Juditha mengatakan bahwa jika penulis ingin naskahnya diterima di jurnal yang bereputasi maka harus mengikuti ketentuan penulisan di jurnal tersebut mulai dari template, gaya selingkung dan aturan lain yang ditetapkan, karena meskipun sistematika penulisan artikel ilmiah hampir sama tetapi masing-masing jurnal memiliki aturan/ketentuan sendiri. Juditha juga memberikan semangat kepada para peserta untuk tidak cepat berputus asa bila naskah mereka sering direvisi editor dan mitra bestari, justru hal tersebut merupakan bagian dari proses menuju kesempurnaan penulisan.


Materi mengenai publikasi ilmiah dan etika penulisan penting untuk disampaikan kepada para akademisi, peneliti maupun pegiat jurnal karena sampai saat ini, masih sering terjadi pelanggaran-pelanggaran yang mengakibatkan penulis dijatuhkan sanksi baik ringan sampai berat. Antusiasme peserta sangat tinggi dalam zoominar ini, dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Sebagian besar peserta ingin mengetahui bagaimana cara membuat tulisan/naskah ilmiah yang bebas dari unsur plagiarism. Tips yang diberikan oleh narasumber terkait plagiarism adalah menggunakan aplikasi plagiarism checker dan melakukan perubahan (paraphrase) dalam penulisan.


Kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan streaming live Youtube. Kelas online lainnya yang sudah dilakukan juga dapat disaksikan di kanal YouTube BPSDM Kominfo Manado. Untuk informasi kelas-kelas online selanjutnya bisa meng-follow akun Instagram @bpsdmp.kominfo.mdo. (*QA).


Label: daring, online, seminar, etika penulisan, jurnal ilmiah, 2020, manado, bpsdmp kominfo
Jumlah pengunjung: 224

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat