Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Bimbingan Teknis Dan Sertifikasi Kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara Diselenggarakan di Bogor

19-08-2019 oleh Pusbang Litprof SDM Informatika Foto bersama peserta Bimtek dan Sertifikasi ASN 2019, dengan Kapusbang Proserti, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum, dan Kabidn Pengembangan Sertifikasi

Bogor-Proserti, Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, sejak Selasa, 13 Agustus 2019 sampai dengan 17 Agustus 2019 menyelenggarakan “Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara” di Hotel Aston Bogor. Acara yang dilaksanakan selama 5(lima) hari ini diikuti oleh 70(tujuh puluh) ASN dilingkungan lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Bimtek dan fasilitasi sertifikasi kompetensi bidang Desain Grafis dan Desain Infografis diberikan selama 4(empat) hari, di hari terakhir peserta di uji kemampuannya yang didapat selama Bimtek untuk mendapatkan sertifikat kompetensi yang berbasis SKKNI. Pusbang Proserti bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Independen Perangkat lunak Telematika Indonesia (ASPIPTI) sedangkan untuk pelaksanaan sertifikasi bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) TIK Indonesia.

Drs. Baso Saleh, M.IKom. dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi teknis bidang TIK, khususnya Design Grafis atau Infografis bagi ASN guna mendukung implementasi e-Government, membantu tugas-tugas kehumasan, dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc., membuka secara resmi kegiatan Bimtek Aparatur Sipil Negara. Sebelum membuka acara, Kapusbang Profesi dan Sertifikasi (Proserti) menyampaikan sambutan dihadapan 70 orang peserta. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan pentingnya kompetensi TIK yang tersertifikasi bagi ASN di era Revolusi Industri 4.0.

Prof. Dr. Henri Subiakto, SH. MA., Staf Ahli Menteri Bidang Hukum, didaulat sebagai narasumber utama dalam kegiatan tersebut. Sebagai pakar bidang komunikasi, Prof. Henri memaparkan pentingnya Desain Grafis di dunia Komunikasi, “Dengan Desain Grafis sebuah komunikasi bisa lebih dipahami dibandingkan tulisan, karena dengan Desain Grafis sebuah informasi direkayasa sehingga mudah untuk dipahami oleh penerima informasi tersebut.” Beliaupun menjelaskan bagaimana Graphic Designer sangat dibutuhkan di era digital, karena bidang tersebut juga hadir di berbagai media online.

Setelah 4 hari mengikuti Bimtek dan sertifikasi, dari 70 orang peserta yang terdiri dari 32 orang peserta Skema Graphic Desainer dan 38 orang peserta skema Infografis designer, sebanyak 63 orang peserta yang dinyatakan kompeten, dan sisanya belum kompeten, dengan spesifikasi :

Skema Graphic Designer:

Peserta : 32 orang

Kompeten : 23 orang.

Skema Infographic Designer :

Peserta : 38 orang

Kompeten : 30 orang.

Acara ditutup tanggal 16 Agustus 2019 di Ruang Nirwana, Hotel Aston secara resmi oleh Kepala Bidang Pengembangan Sertifikasi, Drs. Baso Saleh, M.IKom. Dalam sambutannya Kabid Pengembangan Sertifikasi menyampaikan harapan kepada para peserta agar ilmu yang diraih selama kegiatan Bimtek lebih dikembangkan sehingga bisa mendukung peningkatan kinerja ditempat tugas masing-masing.


Label: proserti
Jumlah pengunjung: 108

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat