Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

BPDSM KOMINFO MANADO MENGADAKAN KELAS ONLINE LITERASI DIGITAL  DI MASA PENDEMI COVID-19

24-06-2020 oleh BPSDMP Kominfo Manado gambar

(Manado, 24/06/2020). Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika Manado, mengadakan pelatihan kelas online dengan tema “Literasi Media di Masa Pandemi Covid-19’’ pada Rabu, 24 Juni 2020. Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Josep Darmawan, MA, dosen Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Atma Jaya Yogjakarta.


Dalam paparannya, Josep menjelaskan bahwa masyarakat perlu memiliki literasi media digital karena setiap masyarakat adalah warga negara yang merdeka namun bukan untuk bebas tanpa batas, melainkan berdaulat supaya tidak dirugikan atau dibodohi. Apalagi saat ini penggunaan media sosial sangat tinggi dan banyak berita atau informasi palsu (hoaks) yang beredar di media tersebut. Literasi media diperlukan, agar masyarakat dapat berada di sisi baik penggunaan media sosial dan sadar, aware terhadap penggunaan media sosial dan juga menelaah informasi.


Sementara itu, Kepala BPSDMP Kominfo Manado, Christiany Juditha,S.Sos,MA, menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan kelas online literasi bertujuan untuk membekali diri untuk memiliki pengetahuan dan sikap tentang sebuah informas sehingga dapat melihat secara benar sebuah berita/informasi.


Pelatihan ini ditujukan bagi kaum perempuan yang berasal dari Kota Palu, Mamuju, Boltim, Manado, Kotamobagu, dan Minahasa Utara diakhiri dengan keterampilan membedakan berita/informasi hoaks dan yang benar. (*ij)


Label: media, literasi, covid, wanita, fasilitasi tik, pelatihan, manado, kelas, online, bpsdmp kominfo manado
Jumlah pengunjung: 295

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat