Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

BPSDMP KOMINFO MANADO ADAKAN ZOOMINAR PENINGKATAN AKREDITASI JURNAL ILMIAH

06-08-2020 oleh BPSDMP Kominfo Manado gambar

(Manado- 6 Agustus 2020) – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Manado, pada Kamis 6 Agustus 2020 mengadakan zoominar peningkatan akreditasi jurnal ilmiah secara online. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pengelolah jurnal ilmiah untuk meningkatkan akreditasi dari yang belum dan yang sudah menjadi lebih meningkat peringkatnya.


Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Josep Darmawan, MA, yang adalah pegiat Jurnal Ilmu Komunikasi Fisip Universitas atma Jaya Yogjakarta. Dalam paparannya Josep mengatakan bahwa dalam mengelolah sebuah jurnal ilmiah diperlukan tim kerja yang solid dan memiliki kualitas seperti persepsi–profesionalitas, referensi–pijakan, prinsip–cara kerja, komitmen–dedikasi, serta harapan–realitas. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menjadikan sebuah jural terakreditasi atau meningkatkan peringkat akerditasinya. Dalam proses meningkatkan akreditasi jurnal ilmiah juga dibutuhkan optimasi fungsi dan fitur OJS, penguatan proses kerja, peningkatan substansi artikel serta perluasan impak publikasi.


Sementara itu dalam sambutannya pada pembukaan zoominar ini, Kepala BPSDMP Kominfo Manado, Christiany Juditha, S. Sos. MA. mengatakan bahwa mengelolah sebuah jurnal ilmiah bukanlah perkara yang mudah, karena yang dibutuhkan adalah komitmen dari pengelolah itu sendiri. Dan kekonsistenan dari sebuah jurnal akan membawa jurnal tersebut untuk bisa bertahan atau meningkatkan akreditasinya. Juditha juga berharap zoominar yang diikuti 30 pengurus jurnal yang berasal dari berbagai institusi baik perguruan tinggi maupun litbang pemerintahan ini dapat bermanfaat untuk peningkatan akreditasi jurnal ilmiah para peserta. (*ij)


Label: sinta, akreditasi, seminar online, ilmiah, jurnal, 2020, manado, bpsdmp kominfo
Jumlah pengunjung: 86

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat