Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Fasilitasi Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika Di Surabaya

27-01-2016 oleh puslitbang litprof

(Surabaya, 26 Januari 2016). Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Literasi dan Profesi Kominfo melaksanakan Kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Berbasis SKKNI bagi Angkatan Kerja Muda di Hotel Bisanta Bidakara Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 – 29 Januari 2016 dengan target peserta 75 (tujuh puluh lima) orang yang terdiri dari lulusan SMK, D1, D2, dan D3 bidang TIK di Provinsi Jawa Timur yang belum bekerja dan memiliki nilai mata pelajaran Bahasa Inggris, Bidang Studi TIK dan Nilai rata-rata minimal 7,00.

Pelaksanaan FasiIitasi Sertifikasi Nasional berbasis SKKNI ini merupakan kegiatan pertama dari 10 rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Puslitbang Literasi dan Profesi. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu angkatan kerja muda khususnya lulusan SMK bidang TIK yang memiliki prestasi belajar yang baik dalam memperoleh sertifikat kepemilikan kompetensi. Sasaran Kegiatan ini adalah terwujudnya SDM bidang Kominfo yang lulus uji kompetensi sehingga nantinya dapat digunakan dalam mencari lapangan pekerjaan. Kegiatan sertifikasi ini juga diharapkan mampu meningkatkan daya saing dan kompetensi diri dalam menghadapai Era Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sudah mulai diberlakukan di awal tahun 2016 ini.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Badan Litbang SDM, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA menyatakan bahwa Indonesia dinilai hanya unggul dalam pertumbuhan angkatan kerja saja, namun mengenai pengalaman internasional, kompetensi, sistem pendidikan,dan keterampilan bahasa masih jauh jika dibandingkan dengan Negara ASEAN lainnya seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Oleh karena itu pengembangan SDM menjadi tugas prioritas yang harus dilakukan oleh Kementerian Kominfo guna memperluas penciptaan lapangan kerja serta meningkatkan keterampilan tenaga kerja. Kepala Puslitbang Literasi dan Profesi Kominfo,

Pada tahun 2016, Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika selain menyelenggarakan fasilitasi sertifikasi berbasis SKKNI bagi angkatan kerja muda juga menyelenggarakan fasilitasi penyusunan RSKKNI bidang Kominfo , peningkatan literasi untuk berbagai komunitas serta fasilitas pembentukan lembaga sertifikasi berupa pelatihan/bimtek yang menunjang lembaga sertifikasi profesi.


Jumlah pengunjung: 684

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat