Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

FASILITASI SERTIFIKASI Sebarkan :

Fasilitasi Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Untuk Angkatan Kerja Muda di BPRTIK Ciputat

13-03-2015 oleh Kontributor fasilitasi sertifikasi SKKNI, CIputat

Ciputat, 13 Maret 2015). Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Literasi dan Profesi Kominfo bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) TIK Indonesia - Surabaya menyelenggarakan ujian Sertifikasi Nasional berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk Profesi Bidang Keahlian Jaringan Komputer (Cluster Junior Networking), Programmer (Cluster Junior Programming), Multimedia (Cluster Junior Multi Media), Operator (Cluster Computer Operator Assistant), Desain Grafis (Cluster Grafika Fundamental) dan Technical Computer Support (Cluster Basic Computer Assembling). Pelaksanaan Ujian Sertifikasi dilakukan di BPRTIK Ciputat pada tanggal 11 s/d 13 Maret 2015.

Kegiatan ini diperuntukkan bagi angkatan kerja muda utamanya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), D1, D2 dan D3 bidang TIK sederajat yang belum memiliki pekerjaan, dengan target peserta sebanyak 80 orang peserta. Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo dalam sambutan pembukaan beliau menyampaikan pentingnya kegiatan Sertifikasi berbasis SKKNI ini dalam rangka Akselerasi/percepatan penyiapan tenaga kerja terampil bidang Kominfo di Indonesia, di samping itu, disampaikan juga bahwa Agenda Regional Asean Free Trade Area (AFTA) pada tahun 2015 memaksa seluruh kawasan ASEAN termasuk Indonesia yang bergabung dalam kesepakatan kawasan perdagangan bebas baik barang maupun jasa termasuk sumber daya manusia.

Hal ini merupakan tantangan, peluang sekaligus ancaman bagi tenaga kerja nasional Indonesia sehingga diperlukan tenaga kerja profesional yang tersertifikasi agar mampu bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain.

Kepala Puslitbang Literasi dan Profesi Kominfo Ibu Prof. Dr. Gati Gayatri, MA dalam laporan pembukaan antara lain menyampaikan bahwa tahun 2013 Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan kegiatan sejenis sebanyak 9 kali dengan jumlah peserta 513 orang, sedangkan pada tahun 2014 melaksanakan Fasilitasi Ujian Sertifikasi bagi Angkatan Kerja Muda sebanyak 10 kali, dengan jumlah peserta 727 orang, dan tahun 2015 Kominfo mentargetkan 7500 orang peserta.

Pada akhir laporan disampaikan bahwa bagi lulusan SMK khususnya bidang TIK sederajat yang berminat mengikuti ujian sertifikasi masih diberi kesempatan untuk mendaftarkan secara on-line melalui https://balitbang.kominfo.go.id atau bpptik.kominfo.go.id mendaftar manual melalu Contact Person di masing-masing kota. Pelaksanaan ujian berikutnya akan dilakukan di Kota Yogyakarta tanggal 16 s/d 18 Maret 2015.


Label: pengembangan, penelitian, , sknni, kominfo, angkatan kerja muda
Jumlah pengunjung: 1947

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat