Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

GURU DITUNTUT UNTUK ADAPTIF, KREATIF DAN INOVATIF di MASA KEBIASAAN BARU 

12-08-2020 oleh BPSDMP Kominfo Manado Gambar

(Manado, 12 Agustus 2020) - Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di dunia pendidikan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui media daring tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa faktor penghambat proses dan efektivitas belajar mengajar sehingga menimbulkan gejolak baru di tengah-tengah masyarakat diantaranya, keterbatasan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru dan siswa, sarana dan prasarana yang kurang memadai, akses internet yang terbatas, kondisi perekonomian masyarakat yang sangat variatif dan berbagai permasalahan lain. Karena itu para guru atau pendidik dituntut untuk adaptif, kreatif dan inovatif dalam menghadapi situasi kebiasan baru Pandemi ini, agar bisa tetap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai guru/pengajar. Menjawab tantangan tersebut, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado mengadakan pelatihan kelas online dengan tema “Teknik Pembelajaran Daring yang Baik” pada Rabu, 12 Agustus 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan dihadiri sekitar 100 guru yang berasal dari Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan dibuka oleh kepala BPSDMP Kominfo Manado, Christiany Juditha,S.Sos,MA.


Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan kelas daring adalah Mufid Masruhan, S.Pd,. M.Kom, yang juga adalah guru matematika komputasional thinking dan media pembelajaran. Mufid juga berperan di seamolec Indonesia menjadi instruktur dibanyak kegiatan online pendidikan. Para peserta secara teknik diajarkan cara mendesain kelas online melalui Google Classroom, Vitur Classroom, Manajemen Classroom, Manajemen ujian online, dan Konsep implementasi metode Flipped Classroom. Serta diajarkan pula bagaimana membuat video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Faststone untuk solusi gangguan sinyal dan bandwith kecil.


Peserta pelatihan kelas online diikuti oleh puluhan guru-guru SD, SMP, SMA, dan SMK, para peserta guru interaktif dalam sesi tanya jawab dengan narasumber dan berharap agar tetap diadakan kegiatan lanjutan program ini kedepannya. Narasumber juga berharap hasil dari pelatihan kelas online ini dapat meningkatnya kualitas dan kompetensi Guru/pendidik dalam pembelajaran terutama daring (*yn).


Label: bpsdmp kominfo, guru-guru, pelatihan, manado, kelas, daring, online, bpsdmp kominfo manado
Jumlah pengunjung: 429

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat