Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Indonesia Turut Berpartisipasi dalam Kegiatan 14th Session of the Governing Council of UN-APCICT/ESCAP

02-12-2019 oleh RAF Indonesia dalam UN-APCICT/ESCAP

Pusdiklat – Jakarta. Delegasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mewakili Indonesia dalam kegiatan 14th Session of the Governing Council of the Asian Pacific Training Centre for Information and Communication Technology for Development (APCICT) pada hari Kamis (28/11/2019) di Incheon, Republik Korea.

Delegasi dari Indonesia yaitu Hendratno, Kabid Penyelenggaraan Diklat dan Sertifikasi Fungsional (PDSF) Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Kominfo, dan didampingi oleh Dyah Puspito Dewi Widowati, Instruktur Ahli Pertama bidang TIK di Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian Kominfo.

Sidang tersebut merupakan agenda rutin tahunan APCICT. APCICT sendiri merupakan instansi regional di bawah United Nation Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UN-ESCAP). Agenda pada sidang ke-14 ini antara lain laporan perkembangan sejak sidang ke-13, pembahasan rencana program kerja tahun 2020, saran strategis untuk mendukung Agenda Sustainable Development Goals (SDG) 2030, serta usulan tanggal dan lokasi sidang ke-15.

Pada sidang ke-14 kali ini dihadiri oleh beberapa negara anggota yang terpilih pada Sesi Komisi UN-ESCAP ke-74, yaitu dari Bangladesh, Kamboja, India, Indonesia, Filipina, Korea, Rusia, Srilanka, dan Thailand. Serta turut dihadiri pula oleh observer dari Pakistan.

Di saat yang bersamaan, UN-APCICT/ESCAP juga menyelenggarakan Consultative Meeting on Capacity Building for Digital Development in Asia and the Pacific. Kegiatan konsultatif tersebut digelar di lokasi yang sama, pada tanggal 27 hingga 28 November 2019.

Pertemuan tersebut merupakan sarana diskusi antara mitra APCICT dan pakar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung pengembangan kapasitas TIK di kawasan. Pada pertemuan ini dibahas 3 modul pelatihan Akademi APCICT yang akan direvisi, yaitu “An Overview of ICT and the Sustainable Development Goals”, “Information Security and Privacy”, dan “Social Media for Development”.

Ketiga modul tersebut merupakan bagian dari “Academy of ICT Essentials for Government Leaders Programme”, sebuah inisiatif utama UN-APCICT yang bertujuan untuk melengkapi pejabat pemerintah dan pembuat kebijakan dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang TIK, dalam rangka untuk pembangunan sosial-ekonomi nasional dan regional.

Pertemuan konsultatif ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta dari Kementerian TIK negara anggota, organisasi layanan sipil, lembaga pelatihan, serta akademisi. Selain 2 delegasi dari Kementerian Kominfo di atas, dari Indonesia juga hadir dari Fasilkom Universitas Indonesia, yaitu Yudho Giri Sucahyo.

Foto 2. Consultative Meeting on Capacity Building for Digital Development in Asia and the Pacific di Incheon, Republik Korea, pada tanggal 27 hingga 28 November 2019. (UN-APCICT)

Selain diskusi, pada pertemuan ini juga diberi kesempatan untuk bertukar pengalaman dari masing-masing negara, terkait dengan modul yang menjadi bahasan. (pusdiklat/hdn)


Label: escap, apcict, un, council, governing, session, 14th, berpartisipasi, indonesia
Jumlah pengunjung: 32

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat