Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Kegiatan Konsinyering Penyusunan Program dan Penelitian tahun 2018 Puslitbang SDPPPI

25-10-2017 oleh Reza Bastanta Sitepu

Ciputat, Tangerang – Pusat TIK Nasional, Dalam rangka mendukung pelaksanaan program dan penelitian tahun 2018, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Badan Penelitan dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan kegiatan Konsinyering Penyusunan Program dan Penelitian tahun 2018 (25/10). Adapun Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan Konsinyering Penyusunan Program dan Penelitian tahun 2018 ini adalah untuk melakukan melakukan penyusunan dan koordinasi terkait program penelitian yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Kegiatan Konsinyering Penyusunan Program dan Penelitian tahun 2018 ini mencakup perencanaan program dan penelitian di Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika dengan peserta yang terdiri dari para peneliti dan staf di Puslitbang SDPPPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pembukaan pada kegiatan konsinyering disampaikan oleh Sunarno selaku Kepala Puslitbang SDPPPI.

Pada kegiatan tersebut terkait Topik yang telah ditentukan untuk kajian jangka panjang masih menunggu arahan Kabadan apakah sudah tepat atau belum, lalu untuk penelitian di bidang SDPPI, sesuai arahan dari Ditjen SDPPI masih terkait 5G, kemudian dapat dilaporkan/didokumentasikan agar ketika rapat di sini sudah dapat disajikan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakn di tahun 2018, sedangkan untuk short-term study, hanya berjangka kerja selama 3 bulan dilaporkan di rapat pimpinan, terkait kebutuhan yang dikehendaki oleh Menteri. Pada pembukaanya, Sunarno menyampaikan bahwa kita perlu melakukan inventarisasi alternatif judul kajian yang bisa dijadikan alternatif tanpa menunggu perintah dari menteri. Penentuan judul harus berdasarkan konfirmasi berdasarkan penawaran dari satker terkait sesuai kebutuhan satker selaku stakeholder. Serta keterlibatan satuan kerja dalam proses penelitian lebih diperlukan daripada hanya sekedar menjadi narasumber pembahas .

Adapun masukkan dari hasil kegiatan konsinyering salah satunya Model bisnis harus dielaborasi lagi supaya bisa mencakup seluruh industri yang ada, dengan kondisi saat ini apakah kita sanggup melakukan kajian mengenai model bisnis? Berkaca dari pengalaman penelitian sebelumnya apa saja kendala-kendalanya karena kajian ini sudah masuk ke high level, ujar Diah Kusumawati selaku peneliti Puslitbang SDPPPI. Sedangkan Riva selaku peneliti pun menyaran Perlu didiskusikan dengan direktorat terkait agar tetap sasaran sesuai kebutuhan. Perlu menjadi catatan, jika model bisnis ini masih agak sulit untuk diatur, nanti penelitian ini untuk apa jika operator tidak mau diatur terkait model bisnis? Karena operator akan berganti-ganti model bisnis tergantung kebutuhan pasar.

Hasil dari kegiatan Konsinyering ini adalah memperoleh masukan dan saran dari peneliti dan tim manajemen terkait perencanaan program dan penelitian yang akan dilakukan tahun 2018.


Label: penelitian, penyusunan program, konsinyering, sdpppi
Jumlah pengunjung: 674

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat