Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Kegiatan Konsinyering Rencana Kerja 2 Kajian Short Study Bidang SDPPPI

18-08-2018 oleh Reza Bastanta Sitepu Kepala Puslitbang SDPPPI beserta Jajaran Struktural di Puslitbang SDPPPI

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Kajian 2 Short Study, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Badan Penelitan dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan Kegiatan Konsinyering Rencana Kerja 2 Kajian Short Study Bidang SDPPPI yang dilaksanakan pada tanggal 18 September 2018 di Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK), Ciputat.

Maksud dan tujuan pelaksanaan Kegiatan Konsinyering Rencana Kerja 2 Kajian Short Study Bidang SDPPPI ini adalah untuk melakukan penyusunan rencana kajian 2 short study tahun Anggaran 2018.

Kegiatan Konsinyering Rencana Kerja 2 Kajian Short Study Bidang SDPPPI yang dilaksanakan pada tanggal 18 September 2018 di BPRTIK Ciputat. Kegiatan Konsinyering tersebut diikuti oleh para peneliti dan staf di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pembukaan kegiatan konsinyering disampaikan oleh Bonnie M. Thamrin selaku Kepala Puslitbang SDPPPI. Dalam kegiatan ini dibahas beberapa hal, yaitu :

  • Dari 6 Judul sudah disetujui oleh Kepala Badan Litbang SDM. Masukan dari Kepala Badan dengan waktu pelaksanaan yang hanya 2,5 bulan ini diambil lokus yang tidak terlalu luas. Harapannya penelitian ini mengambil kebijakan terkait industri.
  • Judul Penelitian yang disetujui untuk dikaji adalah Implementasi Integrated Broadcast-Broadband (IBB) di Indonesia serta Percepatan Penetrasi Akses Fix Broadband
  • Untuk Implementasi Integrated Broadcast-Broadband (IBB) di Indonesia output yang diharapkan adalah identifikasi penyelenggara baru untuk menyelenggarakan Model Layanan IBB, ekosistem terhadap penyelenggaraan layanan IBB, Standardisasi teknologi yang akan digunakan, modelling regulasi yang harus dipersiapkan.
  • Untuk kajian Percepatan Penetrasi Akses Fix Broadband output yang diharapkan adalah pemetaan infrastruktur akses fixed broadband berdasarkan Perpres 96 Tahun 2014, Profil demand masyarakat terhadap layanan fixed broadband, percepatan pembangunan akses fixed broadband termasuk timeline target pembangunan 5 tahun ke depan.
  • Pemetaan profil nanti platformnya sama dengan yang memiliki kemampuan dalam skala ekonomi yang sama. Kita bisa mengambil sample 2 – 4 Kabupaten. Kebijakan ini harus berjalan sehingga bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekan broadband untuk membangun FTTH. Kita bisa merekomendasikan desa-desa yang menjadi objek penelitian mengenai faktor-faktor apa saja yang menjadi keunggulan wilayah tersebut.
  • Pada hari ini kita melakukan pembagian tugas, dari awal kita sudah melakukan komitmen untuk melakukan penelitian long study dan short study, yang menjadi permasalahan adalah kita ada satu kegiatan short study yang pelaksanaannya masih belum selesai. Dari pelaksanaan kegiatan Konsinyering Rencana Kerja 2 Kajian Short Study Bidang SDPPPI adalah diperlukan kerja sama dan koordinasi yang baik dalam melaksanakan penelitian ini, mengingat banyak data pendukung penelitian yang diperlukan.


Label: penelitian, short study, sdpppi
Jumlah pengunjung: 166

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat