Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

KEPALA BALITBANG SDM KEMENTERIAN KOMINFO:  “INDUSTRI RUMAHAN/UMKM DENGAN TIK ADALAH KENISCAYAAN DAN HARUS GO ONLINE’’ 

05-08-2020 oleh BPSDMP Kominfo Manado Gambar

(Manado- 5 Agustus 2020) – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA mengatakan bahwa UMKM dan teknologi informasi kini tidak bisa dipisahkan, apalagi UMKM ke depan telah merambah ke pasar global. Sehingga keniscayaan jika UMKM harus Go online. Pernyataan Basuki ini disampaikan dalam paparan materi pada Webinar “Home Industry Go Online” yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Manado, pada Rabu, 5 Agustus 2020. Lebih jauh Basuki mengatakan bahwa adanya Covid-19 ini memang membawa bencana namun juga membawa sisi positif dimana setiap sisi kehidupan masyarakat bertransformasi ke digital. Dan ini mempercepat kemampuan literasi masyarakat untuk dapat memanfaatkan TIK secara lebih produktif.


Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara, Ir. Ronald T.H Sorongan, Msi. dalam paparan selanjutnya menjelaskan bahwa Pandemi Covid-19 membuat segala lini kehidupan masyarakat beradaptasi dengan tatanan kenormalan baru atau new normal, termasuk pelaku UMKM atau usaha mikro, kecil, dan menengah atau yang dikenal juga dengan home industry untuk go online. Ronald menambahkan bahwa industri rumahan perlu go online agar pasar yang lebih luas, memilimalisir kehilangan pelanggan/pasar, pertumbuhan internet yang semakin meningkat, biaya operasional lebih rendah, pertumbuhan lebih cepat, budged pemasaran dapat diatur sesuai kebutuhan dan lain sebagainya.


Di lain pihak, narasumber ketiga Ronald Simanjorang, Manajer District Operasional Manado Gojek Indonesia juga memaparkan peluang-peluang dalam mengembangkan usaha rumahan melalui Gojek. Menurut Ronald, Gojek membantu UMKM bangkit di tengah masa pandemi antara lain dengan menjaga volume transaksi dan arus pendapatan, meningkatkan permintaan konsumen dengan memaksimalkan eksposur UMKM, mengurangi biaya operasional bisnis, serta mendukung operasional bisnis UMKM agar tetap jadi andalan konsumen.


Kegiatan ini diikuti oleh 73 peserta yang berasal dari kota Manado, Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Kepulauan Sitaro, Bitung, Polewali Mandar dan juga Tidore. Jenis usaha para peserta mayoritas dibidang kuliner, fashion, usaha TIK, kerajinan tangan, agrobisnis dan lain sebagainya. (*ij)


Label: online, go, industry, home, gojek, , umkm, pelaku usaha, pelatihan, manado, kelas, online, bpsdmp kominfo manado
Jumlah pengunjung: 135

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat