Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA SKKNI Sebarkan :

KEPALA BPSDMP KOMINFO MANADO: “SERTIFIKASI SKKNI MERUPAKAN UPAYA PENGUATAN SDM BAGI ANGKATAN KERJA MUDA INDONESIA”

11-03-2019 oleh BPSDMP Kominfo Manado Foto Bersama Wakil Bupati Kabupaten Banggai, Kepala BPSDMP Kominfo Manado, Kepala Dinas Kominfo Kab. Banggai beserta Peserta Kegiatan SKKNI di Kabupaten Banggai.

(Luwuk, 11/03/2019) – “Kegiatan SKKNI adalah salah satu upaya untuk penguatan SDM bagi generasi muda. Peserta yang mengikuti SKKNI saat ini memiliki kompetensi yang luar biasa. Karena itu, perlu mengikuti sertifikasi sehingga semakin menguatkan kompetensi yang dimiliki.” Demikian penyampaian Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado, Christiany Juditha, S.Sos.MA. dalam sambutannya pada pembukaan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Informatika bagi Angkatan Kerja Muda di kota Luwuk, Kabupaten Banggai Senin, 11 Maret 2019. Lebih jauh Juditha mengatakan bahwa Sertifikat kompetensi SKKNI berlaku 3 tahun dan bisa digunakan untuk melamar pekerjaan. Pemerintah kabupaten juga bisa mengkaryakan para peserta SKKNI saat ini jika lulus sertifikasi untuk bekerja di instansi setempat. Mengingat SDM bidang TIK pada instansi-instansi daerah masih sangat kurang.

Kegiatan SKKNI ini juga dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kabupaten Banggai, H.Mustar Labolo yang dalam sambutannya mengatakan kegiatan seperti ini sangat sesuai dengan visi Kabupaten Banggai yaitu “Mewujudkan Kabupaten Banggai sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Pertanian dan Kemaritiman Berbasis Kearifan Lokal dan Budaya” dan misi “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Daya Saing Daerah”. Saat ini, menurut Labolo sertifikasi tidak hanya di bidang TIK saja, namun seluruh sektor pekerjaan lainnya misalnya dalam bidang maritim juga memerlukan sertifikasi agar dapat bekerja sesuai standar. Apalagi di era milenial saat ini, sangat penting untuk peningkatan kualitas SDM dalam rangka menghadapi tantangan yang lebih besar sehingga perlu meningkatkan kualitas diri bidang TIK melalui kegiatan SKKNI ini.

Sertifikasi SKKNI yang diadakan oleh BPSDMP Kominfo Manado ini berlangsung selama lima hari sejak tanggal 11 hingga 15 Maret 2019 di Hotel Swiss Belinn Luwuk. Adapun peserta yang ikut sebanyak 50 orang yang merupakan lulusan SMK bidang Informatika berasal dari Kabupaten Banggai dan sekitarnya. Hadir juga dalam pembukaan kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banggai, Drs. Djayadin,MM, dan jajaran pimpinan Diskominfo serta para undangan lainnya. Adapun skema pelaksanaan kegiatan, 3 hari untuk pelatihan oleh Instrukur dari AMIK Luwuk Banggai dan 2 hari ujian sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) TIK Indonesia dengan tiga bidang kompetensi yaitu Junior Programmer, Junior Network Administrator, dan Multimedia Design. (RW)


Label: smk, informatika, pelatihan, sertifikasi, kabupaten banggai, bpsdmp kominfo manado, skkni2019
Jumlah pengunjung: 913

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat