Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

"Kick-Off Meeting" Roadmap Pembangunan Sektor TIK Menuju 100 Tahun Indonesia Merdeka

28-04-2016 oleh puslitbang ppi kick off meeting

Ciputat- Menuju 100 tahun kemerdekaan Indonesia di tahun 2045, semua pihak perlu menyadari pentingnya pembangunan sektor TIK Nasional yang lebih terarah, tepat sasaran dan efisien serta menjadikan TIK sebagai driven. Dengan perencanaan pembangunan yang lebih terarah diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur maupun akses TIK, serta mendorong pemanfaatan TIK untuk kegiatan yang produktif yang memberikan manfaat secara luas. Salah satu langkah yang dapat dilakukan Kementerian Kominfo sebagai Kementerian terkait yang membidangi perkembangan dan pembangunan TIK di Indonesia adalah dengan penyusunan roadmap pembangunan TIK Nasional dan mengakomodir kebutuhan industri, masyarakat serta mensinergikannya dengan perencanaan melalui roadmap pembangunan sektor TIK Nasional.

Ada tiga tataran utama yang harus menjadi fokus perhatian pemikiran terkait road map atau peta jalan pembangunan TIK yakni forecasting, ekspektasi yang diinginkan dan program yang akan dilakukan untuk mencapai harapan yang ingin dicapai. Hal itu disampaikan Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, DR. Basuki Yusuf Iskandar di Balai Pelatihan dan Riset TIK, Ciputat saat melakukan kick off Penyusunan Roadmap Pembangunan Sektor TIK yang mengikat secara jangka panjang sampai dengan 2045 menuju 100 tahun Indonesia Merdeka. Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, DR. Basuki Yusuf Iskandar menyatakan skenario merupakan salah satu unsur dalam metode forecasting untuk mengetahui kemungkinan di masa depan melalui skenario teknologi. Terkait tataran ekspektasi, dalam forecasting tidak semua hal sesuai keinginan karenanya harus ada indikator yang detail. Tataran ketiga yakni program yang akan dilakukan dengan sasaran kuantitatif mencakup regulation change, pengelolaan resources dan upaya fasilitasi industri.

Selain tiga tataran tersebut di atas, Kabadan Litbang SDM menegaskan bahwa studi terkait roadmap pembangunan TIK yang akan disusun oleh tim Pusat Penelitian dan Pengembangan PPI, Balitbang SDM, Mastel, DetikNas dan UGM tersebut harus membawa pesan perubahan yang fundamental sehingga dapat diantisipasi oleh semua pihak. Adanya dominasi asing dalam penguasaan TIK juga harus menjadi perhatian mengingat setiap kerawanan yang timbul selalu melibatkan peran asing didalamnya.Kabadan litbang SDM menyatakan pemikiran terkait roadmap TIK nantinya harus mengkaji masalah sosial, ekonomi, pertahanan dan industri (manufaktur, perangkat lunak dan keras serta konten). Kick off Meeting Penyusunan Roadmap Pembangunan Sektor TIK yang mengikat secara jangka panjang sampai dengan 2045 menuju 100 tahun Indonesia Merdeka tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yakni ketua Masyarakat Telematika Indonesia- Mastel, Kristiono, perwakilan DetikNas, Ashwin Sasongko, perwakilan UGM, Lukito Edi Nugroho dan Arif Wismadi. Kick off Meeting Penyusunan Roadmap Pembangunan Sektor TIK diikuti oleh para peneliti serta staf di Kementerian Kominfo.


Label: , balitbang sdm, meeting, tik, pembangunan, roadmap, ppi, puslitbang ppi, kominfo
Jumlah pengunjung: 2068

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat