Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Kolaborasi Pemerintah, Industri, dan Perguruan Tinggi kunci Sukses Hilirisasi Alumni Digital Talent Shcholarship

07-11-2019 oleh BPSDMP Kominfo Manado

(Manado, 07-11-2019) “Kegiatan hilirisasi alumni Digital Talent Shcholarship (DTS) sebagai salah satu sarana dalam memperkenalkan program dan alumni DTS kepada pelaku industri digital dan startup lokal yang ada di Sulawesi Utara. Alumni DTS memiliki sumber daya digital talent yang siap pakai dan memiliki kompetensi sesuai bidang dan skema yang dipilihnya. Karena itu kolaborasi pemerintah, industri, dan perguruan tinggi menjadi kunci sukses tersalurnya alumni DTS di dunia kerja”. Hal ini disampaikan Kepala BPSDMP Kominfo Manado dalam acara Hilirisasi Tenaga Kerja Muda Alumni Digital Talent Scholarship (DTS) yang mengangkat Tema “Membangun SDM Unggul untuk Indonesia Maju” yang dilaksakan di Quality Hotel Manado pada tanggal 7 November 2019.

Sementara itu narasumber yang merupakan Wakil Ketua Pokja Pasca Pelatihan DTS 2019, Sri Cahaya Khoironi menjelaskan bahwa Kementerian Kominfo memiliki tanggungjawab yang lebih besar pada tahun 2020 karena menyediakan 50 ribu beasiswa DTS. Karena itu dibutuhkan kerja keras dari pemerintah dan seluruh stakeholder yang ada dalam membangun SDM unggul sesuai program pemerintah mengingat Kondisi tenaga kerja di Indonesia yang masih didominasi oleh lulusan SD dan SMP, sehingga kegiatan Digital Talent Scholarship menjadi sangat strategis dalam menciptakan SDM yang unggul dan Kompetitif dalam menghadapi era industri 4.0. Khoironi juga menyampaikan bahwa Kementerian Kominfo telah meluncurkan sebuah flatform National Talent Poll. SiMonas merupakan platform sebagai titik temu industri serta talent-talent digital mencari kerja. SiMonas tidak saja diperuntukkan kepada lulusan DTS tetapi juga terbuka untuk umum. Siapa saja dapat membuat akun di SiMonas dan sebagai media pencari pekerjaan.

Dilain pihak, Anristsu S.C. Polii, S.ST., M.T selaku narasumber dari Politeknik Negeri Manado juga memberikan gambaran secara umum tentang materi yang diajarkan selama proses pelaksanaan pelatihan dan pembelajaran DTS. Menurut Anritsu DTS sebagai bagian dari upskilling yang sudah disesuaikan dengan standard SKKNI untuk peningkatan kemampuan dan kompetensi sesuai skema yang dipilih.

Sementara, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara Purwanto dalam diskusi kegiatan ini juga menyatakan bahwa pentingnya koordinasi antara Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Utara dengan pihak Kementerian Kominfo dalam hal ini BPSDMP Kominfo Manado menjadi sangat urget dalam rangka memfasilitasi alumni DTS dalam memperoleh informasi lowongan kerja di Sulawesi Utara.

Kegiatan Hilirisasi Alumni DTS mendapat apresiasi dari para pelaku industri digital dan startup lokal yang ada di Sulawesi Utara, hal ini terlihat dari diskusi yang begitu interaktif serta kesiapan para pelaku industri untuk memberikan kesempatan magang bagi para alumni DTS. (*Ad)


Label: 2019, bpsdmp kominfo manado, dts
Jumlah pengunjung: 34

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat