Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Kunjungan Kerja Menteri Komunikasi dan Informatika di Sulawesi Utara

04-08-2017 oleh bppki manado Menkominfo Rudiantara Menandatangani Prasasti Peresmian RRI Miangas

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara melaksanakan kunjungan kerja ke Manado, Sulawesi Utara pada Jumat (28/7/2017). Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey menjemput langsung kedatangan Menkominfo Rudiantara bersama Menkumham Yasona Laoly beserta rombongan di ruangan VVIP Bandara Samratulangi.

Di kota Manado, Menkominfo dan Menkumham mengikuti acara Sub Reional Meeting on Foreign Terrorist Fighter and Cross Border Terrorism yang dilaksanakan di Hotel Four Point Manado pada Sabtu (29/7/2017) yang dihadiri pula oleh delegasi negara tetangga antara lain Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Australia dan Selandia Baru. Kegiatan ini membahas megenai perkembangan situasi dan ancaman terorisme lintas negara.

Agenda utama kunjungan kerja Menkominfo Rudiantara adalah untuk menghadiri peresmian jaringan 4G dan stasiun Radio Republik Indonesia (RRI) di Pulau Miangas pada hari Senin, 31 Juli 2017. Rombongan Menteri yang didampingi Gubernur Olly Dondokambey tiba di Miangas pukul 10.30 WITA dengan menggunakan pesawat pesawat TNI AU. Sebelum kedatangan Menteri Kominfo, rombongan Dirut RRI telah lebih dulu tiba menggunakan pesawat carter Wings Air ATR 600. Kedatangan rombongan disambut secara adat oleh Bupati Sri Wahyuni Maria Manalip bersama para tokoh masyarakat Kab.Kep. Talaud.

Kegiatan pertama setibanya di Miangas adalah pelaksanaan Apel Kebangsaan dimana Menteri Kominfo didaulat sebagai inspektur upacara dan komandan upacara Danlanal Melonguane Letkol Marinir Moh. Maftukin. Dalam sambutannya, Menkominfo mengatakan bahwa Pulau Miangas merupakan pulau perbatasan terluar Indonesia bagian utara sehingga harus dijaga demi mempertahankan kedaulatan negara.

Setelah apel selesai, Menteri dan Bupati melanjutkan Penandatanganan Ikrar Kedaulatan Untuk NKRI, kemudian Menkominfo melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian RRI Miangas, RRI Bima, RRI Rote dan RRI Sanggau. Pada kesempatan yang sama, Menkominfo melakukan video call dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Jakarta untuk menguji coba kualitas layanan akses internet 4G yang telah dipasang di Pulau Miangas.

Selanjutnya Menteri Kominfo, Gubernur Sulawesi Utara, Bupati Talaud, Dirjen IKP Kominfo, Dirut RRI dan perwakilan vendor serta TVRI melakukan dialog “Sambung Rasa Dalam Memperteguh Ke-Indonesiaan di Tapal Batas”. Dalam dialog yang berlangsung harmonis dan kekeluargaan ini menghasilkan bantuan antara lain pesawat receiver dari RRI sebanyak 30 buah, 10 buah smartphone dan sejumlah kartu prabayar 4G dari Telkomsel dan Menkominfo menyetujui permintaan bantuan perangkat computer bagi sekolah-sekolah, dimana pembagiannya akan diatur oleh tokoh pendidik dan aparat yang ada di Miangas melalui Dinas Kominfo Sulawesi Utara.

Setelah dialog berakhir, Menteri Kominfo dan Gubernur Sulut melakukan peninjauan rumah penduduk untuk melihat eksistensi penggunaan TV digital dan RRI FM yang baru di-launching, dilanjutkan kunjungan ke rumah pintar dimana terdapat layanan internet bagi masyarakat.

Pembangunan infrastruktur dan pemberian bantuan di Pulau Miangas ini merupakan usaha pemerintah dalam membangun Indonesia dari pinggir dengan memperkuat daerah perbatasan dalam kerangka persatuan dan kesatuan negara republik Indonesia. Rombongan Menteri Kominfo dan Gubernur Sulawesi Utara bertolak ke Manado pukul 14.30 WITA. Menkominfo kembali ke Jakarta dengan penerbangan Garuda pukul 19.00 WITA yang dilepas oleh Gubernur Sulawesi Utara diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Sulawesi Utara didampingi oleh Kepala Balai Monitoring Frekuensi Radio dan Orbit Satelit Kelas II Manado bersama Kepala BPPKI Manado. Pelepasan pemberangkatan Menkominfo berlangsung di ruang tunggu VIP bandara Sam Ratulangi Manado.


Label: miangas, 4g, bppki manado, rri, rudiantara, menkominfo
Jumlah pengunjung: 182

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat