Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Lomba Pidato ASN Kemkominfo: Rivaatul Juara 1!

17-05-2018 oleh RAF Lomba pidato ASN Kemkominfo

Jakarta (17/05/2018) – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110, selain mengadakan upacara bendera, seminar, dan tabur bunga, kali ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) turut menyelenggarakan Lomba Pidato ASN. Lomba pidato ini dilaksanakan di Ruang Anantakupa, Kementerian Kominfo, pada tanggal 17 Mei 2018.

Lomba ini dibuka oleh Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum, Henri Subiakto. Dalam sambutan pembukanya, Henri menyampaikan bahwa lomba ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan semangat kebangsaan, semangat untuk terus menjaga Indonesia yang telah dihasilkan oleh para pendiri bangsa.

“Kebangkitan nasional adalah suatu kesadaran dalam bentuk pergerakan intelektual yang diprakarsai para intelektual tahun 1908, yaitu Dr. Wahidin Sudiro Husodo dan Dr. Sutomo, sebagai wujuh kesadaran nasionalisme bangsa dan negara serta pentingnya pendidikan seluruh bangsa Indonesia,” demikian lanjut Henri dalam sambutannya. Kebangkitan nasional saat itu ditandai dengan berdirinya Sekolah Budi Utomo.

Henri menyambung bahwa lomba pidato ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit orator yang baik dalam mengusung semangat nasionalisme dan persatuan, bukan hanya pandai bicara di media sosial. Dengan harapan bahwa ide/gagasan nasionalisme akan tersampaikan melalui pidato/orasi yang menari dan santun serta membangkitkan rasa persaudaraan sehingga mempererat dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan mengambil topik “Pembangunan SDM Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital”, lomba pidato ini dilaksanakan dengan durasi maksimal 7 menit bagi masing-masing peserta. Aspek yang dinilai, yaitu vokal, artikulasi dan intonasi, gaya/mimik, materi, sistematika, kostum/penampilan, dan ketepatan waktu. Hadiah lomba ini, yaitu uang senilai Rp5.000.000,00 untuk Juara 1, Rp3.000.000,00 untuk Juara 2, Rp2.000.000,00 untuk Juara 3, voucher senilai Rp500.000,00 untuk Juara Harapan 1, voucher Rp400.000,00 untuk Juara Harapan 2, voucher Rp300.000,00 untuk Juara Harapan 3, dan voucher Rp200.000,00 masing-masing untuk 2 orang Juara Harapan 4.

Rivaatul Juara 1

Pada lomba yang diikuti oleh 8 orang peserta ini, tampil sebagai Juara 1, yaitu Rivaatul Adaniah Wahab dari Puslitbang SDPPPI. Juara 2 diperoleh oleh Duhita Mardiana dari Direktorat Kemitraan Komunikasi, Ditjen IKP, dan Juara 3 disabet oleh Erisvaha Kiki Purwaningsih dari Puslitbang SDPPPI. Selain memperoleh uang, Rivaatul dan Duhita akan diikutsertakan dalam Lomba Pidato ASN Tingkat Nasional pada Kamis, 24 Mei 2018, di Perpustakaan Nasional. (Pubdokpus – G)


Label: 1, juara, rivaatul, kemkominfo, asn, pidato, lomba
Jumlah pengunjung: 571

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat