Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA SKKNI Sebarkan :

LULUSAN SERTIFIKASI SKKNI MAJENE DIJADIKAN PRIORITAS PEMERINTAH DAERAH BAGI PARA INVESTOR

14-10-2019 oleh BPSDMP Kominfo Manado gambar

Majene (14/10/2019). Wakil Bupati Kabupaten Mejene, H. Lukman, S.Pd, M.Pd, menyatakan bahwa angkatan kerja muda sangat perlu dipersiapkan dengan memaksimalkan kemampuan SDM daerah melalui pelatihan dan sertifikasi dalam mengahadapi pasar global dan perkembangan revolusi industri ke 4.0. Pernyataan Lukman ini disampaikan dalam pembukaan Sertifikasi Bidang Informatika berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang diadakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Manado di Hotel Villa Bogor Leppe Mejene Majene, Senin 14 Oktober 2019.

Lebih jauh Lukman mengatakan bahwa pemerintah menjamin para lulusan bersertifikasi dijadikan prioritas dalam pasar kerja di kabupaten Majene. Karena itu diharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan secara serius dan proaktif sehingga nanti perserta tidak lagi menjadi objek akan tetapi menjadi subjek di dalam pasar kerja mengapresiasi pelaksanaan kegiatan.

Sementara itu kepala BPSDMP Kominfo Manado, Christiany Juditha, S.Sos, MA mengungkapkan SKKNI merupakan program prioritas dari Balitbang SDM Kementerian Kominfo. Dan untuk Kabupaten Majene tahun ini mendapatkan kesempatan untuk menyiapkan angkatan muda untuk mengikuti sertifikasi berbasis SKKNI ini. Juditha juga mengatakan bahwa SKKNI merupakan program percepatan kompetensi SDM Bidang Informatika untuk melaksanakan program Nawacita yang dicanangkan oleh presiden RI, Joko Widodo. Karena itu penyediaan infrastruktur TIK juga memerlukan kesiapan SDM TIK yang juga memadai untuk dapat bersaing di era global.

Pada sesi selanjutnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir. H. Ahmad Rafly Nur menuturkan bahwa perkembangan TIK sangat masif sehingga SDM TIK juga sangat dibutuhkan dalam dunia Pemerintahan dimana saat ini Sistem Pemerintahan perlahan-lahan telah bertransformasi ke sistem pemerintahan yang memanfaatkan TIK dalam pelayanananya (e-Government) hal ini dilakukan dalam usaha meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan di daerah.

Disaat yang sama juga Kepala UPTD BLK Majene Sirajuddin F, ST, MM, mengatakan pemerintah daerah terus berusaha dalam meningkatkan kualitas SDM di daerah serta terus mencari peluang pekerjaan untuk masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan sosial. Sertifikasi merupakan salah satu syarat penting dalam mendapatkan pekerjaan. Pemda berkomitmen peserta yang telah lulus mendapatkan sertifkasi akan di akomodir langsung dan menjadi prioritas bagi pemerintah daerah.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyematan Name Tag oleh Wakil Bupati Majene dan Kepala BPSDMP Kominfo Manado kepada para peserta dan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi bahan ajar oleh instruktur kepada peserta SKKNI dalam tiga kelas masing-masing dengan jurusan, Junior Web Programmer, Junior Network Administrator/Network Technician dan Junior Imaging/Junior digital artist. Hadir juga sebagai narasumber lainnya yakni dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi diwakili kepala UPTD BLK Majene. Kegiatan sertifikasi bidang informatika ini akan nerlangsung dari 14-18 Oktober 2019 dan diikuti 75 peserta alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang informatika. (*SS).


Label: 2019, sulawesi barat, majene, angkatan kerja muda, sdm, bidang informatika, skkni, bpsdmp kominfo manado
Jumlah pengunjung: 53

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat