Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Pelaksanaan Perdana Ujian Tertulis Online melalui LMS Pusdiklat

12-03-2020 oleh RAF Picture1

Pusdiklat, Jakarta (12/03/2020) – Untuk pertama kalinya, Pusdiklat Kementerian Kominfo menyelenggarakan Ujian Tertulis secara online dalam sebuah pelatihan. Hal tersebut dilakukan pada sesi ujian tertulis dalam Diklat Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) Tingkat Keahlian Angkatan I Tahun 2020 yang diselenggarakan pada hari Kamis (12/03/2020) di Laboratorium Komputer Pusdiklat.

Ujian tertulis yang merupakan bagian dari kurikulum Diklat JFPH Tingkat Keahlian ini memanfaatkan Learning Management System (LMS) yang dimiliki oleh Pusdiklat Kemkominfo. Pelaksanaan kegiatan dipimpin oleh Koordinator Penyelenggaraan dan pengawasan dilakukan oleh pihak Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik c.q. Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik selaku Pembina JFPH.

Sehari sebelum pelaksanaan, pihak penyelenggara melakukan uji coba perangkat dan pengerjaan ujian tertulis online dengan soal dummy kepada peserta pelatihan. “Uji coba ditujukan untuk meminimalisasi kendala teknis dan kebingungan peserta dalam pelaksanaan ujian yang sesungguhnya. Selain itu, bisa diketahui kekurangan-kekurangan yang masih ada sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk penyelenggaraan ujian secara online pada pelatihan-pelatihan selanjutnya”, ujar Hendratno selaku Koordinator Penyelenggaraan.

LMS sendiri merupakan upaya Pusdiklat untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan pengelolaan pelatihan. Saat ini selain digunakan untuk pelaksanaan ujian, LMS menjadi media untuk menyampaikan informasi kepada peserta, media belajar bagi peserta di mana pihak penyelenggara mengunggah bahan ajar dan lainnya yang terkait, media untuk menyampaikan evaluasi terhadap tenaga pengajar, serta evaluasi penyelenggaraan. LMS Pusdiklat Kemkominfo dapat diakses melalui alamat URL: https://lms.pusdiklat.kominfo.go.id. (pusdiklat/rr/hdn)


Label: pusdiklat, lms, online, tertulis, ujian, perdana, pelaksanaan
Jumlah pengunjung: 144

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat

Siaran Pers

  • Data tidak ada.