Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Pelatihan Analisis SEAMCAT untuk Sharing IMT dan FSS Pada Pita 3,4 – 4,2 GHz

20-08-2018 oleh Reza Bastanta Sitepu

Dalam rangka pelaksanaan pengolahan dan analisis data penelitian Studi Sharing Frekuensi FSS Untuk IMT Systems, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Badan Penelitan dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan Kegiatan Pelatihan Analisis SEAMCAT untuk Sharing IMT dan FSS Pada Pita 3,4 – 4,2 GHz yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2018 di Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK), Ciputat.

Maksud dan tujuan pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Analisis SEAMCAT untuk Sharing IMT dan FSS Pada Pita 3,4 – 4,2 GHz ini adalah untuk melakukan pengolahan dan analisis data dari kegiatan penelitian yang sedang dilaksanakan.

Pembukaan kegiatan konsinyering disampaikan oleh Eyla Alivia Maranny selaku Kepala Bidang SDPPI. Dalam kegiatan ini dibahas beberapa hal, yaitu :

  • Mendefinisikan aturan sharing: Analitik menggunakan pendekatan worst-case dengan metode minimum coupling loss (MCL) menghasilkan aturan ketat mengenai separasi minimum
  • Pembangkitan interferer dan parameter-parameternya (activity, daya,dsb) secara acak dengan berulang ulang. Setelah banyak percobaan, berbagai kasus dapat diamati
  • SEAMCAT dikembangkan European Conference of Postal & Telecommunications Administration (CEPT). SEAMCAT dapat dimanfaatkan untuk kajian ko-eksistensi sistem komunikasi radio yang beroperasi di pita frekuensi yang sama, evaluasi transmitter dan receiver mask, evaluasi batasan unwanted transmission
  • Tahapan simulasi pada SEAMCAT: bila sistem yang sama digunakan pada beberapa simulasi berbeda, misal hanya perbedaan pada frekuensi pemancar, bisa memanfaatkan fasilitas duplicate.

Hasil dari kegiatan Konsinyering ini adalah diperoleh pengetahuan cara menghitung interferensi dengan menggunakan aplikasi SEAMCAT yang dibutuhkan dalam penelitian Studi Sharing Frekuensi FSS untuk IMT Systems ini.

Simpulan dari pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Analisis SEAMCAT untuk Sharing IMT dan FSS Pada Pita 3,4 – 4,2 GHz adalah diperlukan kerja sama dan koordinasi yang baik dalam melaksanakan penelitian ini, mengingat banyak data pendukung penelitian yang diperlukan.

Kegiatan Pelatihan Analisis SEAMCAT untuk Sharing IMT dan FSS Pada Pita 3,4 – 4,2 GHz yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2018 di BPRTIK Ciputat. Kegiatan Konsinyering tersebut diikuti oleh para peneliti dan staf di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika


Label: kominfo, balitbang, industri, 5g, sharing fss, penelitian, sdpppi, seamcat
Jumlah pengunjung: 506

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat