Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA UPT Sebarkan :

Pelatihan TIK Virtual: Mempersiapkan Kemampuan Digital bagi Ibu Rumah Tangga Pelaku UMKM dalam Menghadapi New Normal Life

17-06-2020 Pelatihan TIK Virtual: Mempersiapkan Kemampuan Digital bagi Ibu Rumah Tangga Pelaku UMKM dalam Menghadapi New Normal Life

Bandung 16/6/2020 – Di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, BPSDMP Kominfo Bandung menyelenggarakan pelatihan TIK secara virtual dengan tema “Mempersiapkan Kemampuan Digital bagi Ibu Rumah Tangga Pelaku UMKM dalam Menghadapi New Normal Life”. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan pelatihan yaitu pre-test, pelatihan (materi dan praktek), dan post-test yang dilaksanakan pada tanggal 16,17, dan 18 Juni 2020 dengan jumlah peserta 60 orang yang dibagi kedalam tiga batch masing-masing 20 peserta.

Pembukaan pelatihan tersebut dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2020, dihadiri oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar; Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Haryati; Kepala BSDMP Kominfo Bandung, Betty Djuliati; Pejabat Struktural di lingkungan BPSDMP Kominfo Bandung; Perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat; Ketua Relawan TIK Provinsi Jawa Barat, dan seluruh peserta pelatihan dari tiga batch. Betty Djuliati menyampaikan dalam laporan ketua penyelenggaraannya bahwa dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif di era digitalisasi, pengembangan sumber daya manusia (SDM) ibu rumah tangga pelaku UMKM menjadi salah satu skala prioritas yang secara konsisten terus dilakukan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah karena sektor ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Yusuf Iskandar memberikan pemaparan materi sekaligus sambutan pembukaan. Basuki memaparkan tentang peluang pemanfaatan ekonomi digital dalm menghadapi new normal life.

Daniar Ahmad Nurdianto, Widyaiswara UPTD Pendidikan Pelatihan dan Wirausaha Provinsi Jawa Barat, memaparkan tentang peran PEMPROV Jabar dalam mempersiapkan kemampuan UMKM perempuan di masa new normal. Acara dilanjutkan dengan pelatihan untuk batch satu dari Ketua Relawan TIK Provinsi Jawa Barat, Muhamad Nur Fajar Muharom tentang pemanfaatan Facebook Ads, Instagram Ads, dan aplikasi Canva yang berguna untuk meningkatkan omset penjualan dan mendapatkan pelanggan baru.

Para peserta terlihat antusias dengan berjalannya sesi diskusi dan tanya jawab yang cukup interaktif.


Jumlah pengunjung: 177

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat