Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara Siap Menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik secara Maksimal

26-08-2019 oleh BPSDMP Kominfo Manado gambar

(Ratahan, 26 Agustus 2019). Dalam mengembangkan suatu rencana induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di suatu daerah harus didahului dengan menyatukan komitmen dan pemahaman bersama tentang arti pentingnya pengembangan SPBE yang terencana, terkoordinasi dan searah dengan rencana strategis daerah, karena itulah perlu melibatkan setiap instansi yang ada di daerah. "Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Rencana Induk Teknologi Komunikasi dan Informasi (RITIK) kabupaten Minahasa Tenggara dilaksanakan bertujuan untuk merespon data hasil survei yang telah dilaksanakan sebelum oleh Dinas Kominfo Minahasa Tenggara bekerjasama dengan Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Manado untuk penyusunan RITIK. Dalam FGD ini juga diharapkan dapat mendiskusikan secara mendalam hal-hal apa yang perlu dilakukan untuk 5 tahun kedepan." Demikian yang terungkap dalan laporan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Babupaten Minahasa Tenggara Drs Hersi Katuuk dalam FGD penyusunan RITIK kabupaten Minahasa Tenggara, di aula Kantor Bapeda Minahasa Tenggara, Senin 26 Agustus 2019.

Kegiatan yang dihadiri oleh 32 peserta yang berasal dari seluruh OPD di Kabupaten Minahasa Tenggara ini dibuka secara resmi oleh sekertaris daerah Kabupaten Minahasa Tenggara, Robby Ngongolie mewakili Bupati. Dalam arahannya Robby mengatakan bahwa SPBE sangat diperlukan guna mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik dan kepala daerah sangat serius dan menginginkan segera terwujudnya SPBE di kabupaten Minahasa Tenggara.

Disaat yang sama Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Kominfo (BPSDMP Kominfo) Manado Christiany Juditha, S.Sos, MA, menuturkan bahwa hasil olah data dari survei yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa SDM, infrastruktur maupun anggaran di bidang TIK di lingkup pemerintahan Kabupaten Minahasa Tenggara sudah siap dalam menjalankan SPBE. Dan hal tersebut menjadi modal utama dalam mewujudkan egoverment.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi Rencana Induk SPBE oleh Narasumber dari Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Makassar bapak Firdaus Masyur dan data hasil survei yang telah dilakukan sebelumnya kemudian dilanjutkan dengan diskusi oleh peserta FGD. (SS)


Label: e-government, , spbe, ritik, rencana induk tik, minahasa tenggara, aspirasi daerah, bpsdmp kominfo manado
Jumlah pengunjung: 64

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat