Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Peningkatan Literasi TIK Masyarakat bagi Penyandang Disabilitas di Surakarta

11-02-2016 oleh puslitbang litprof

(Surakarta, 10 Februari 2016). Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Kominfo bekerjasama dengan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Literasi TIK bagi Komunitas Penyandang Disabilitas di Hotel Aston Surakarta pada tanggal 10 Februari 2016. Kegiatan ini diperuntukkan bagi kelompok remaja penyandang Disabilitas di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, dengan target peserta sebanyak 80 orang.

Plt. Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan, Dra. Haryati, M.I.Kom dalam laporan pembukaan menyampaikan bahwa sasaran dari kegiatan ini adalah terwujudnya SDM penyandang disabilitas yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar dalam penggunaan internet sehingga bisa menjadi bekal tambahan bagi para peserta dalam mengembangkan diri di masa yang akan datang. Kepala Pusat Literasi dan Profesi SDM Kominfo, Prof. Dr. Gati Gayatri, MA dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab Kementerian Komunikasi dan Informatika khususnya Badan Litbang SDM dalam melaksanakan amanat Undang-undang No. 19 Tahun 2011. Selain itu, kegiatan ini juga difokuskan sebagai persiapan kompetisi Global IT Challenge for Youth with Disabilities (GITC) yang pada tahun 2016 ini akan diselenggarakan di Cina. Ketua Umum YPAC Nasional, yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Umum YPAC Surakarta, dr. Tunjung Hanurdaya, M.Sc, dalam sambutannya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kementerian Kominfo atas dukungan yang diberikan secara kontinu dalam meningkatkan potensi remaja disabilitas di bidang teknologi informasi. Beliau mengharapkan kegiatan semacam ini bisa kembali menelurkan remaja-remaja disabilitas yang berprestasi di bidang TIK sehingga mampu mengharumkan nama bangsa baik di tingkat nasional maupun internasional.

Materi Bimbingan Teknis Peningkatan Literasi TIK ini disesuaikan dengan materi untuk lomba Tingkat Asia sebagaimana telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu di Korea Selatan yakni : e-Excellent life Map, e-Design, e-Tool dan Stratch Programming. Bertindak selaku Instruktur pada Bimbingan Teknis ini adalah Priya Susena dan Nur Gunawan dari Pusat TIK Nasional, Dimas Prasetyo dari Komunitas Karya Tunanetra, dan Andy Dirgantara dari Lembaga Sertifikasi Profesi AIDIA. (yan)


Label: , literasi tik, , badan litbang sdm
Jumlah pengunjung: 1124

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat