Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Penyusunan Laporan SAI Semester I TA 2020

14-07-2020 oleh RAF foto3

Jakarta (14/07/2020) – Dalam rangka pertanggungjawaban pengelolaan barang milik negara (BMN) dan pelaksanaan anggaran, Sekretariat Badan Litbang SDM mengadakan kegiatan Penyusunan Laporan SAI Semester 1 Tahun Anggaran 2020. Berbeda dengan kegiatan pada periode sebelumnya, kegiatan kali ini dilaksanakan secara daring melalui streaming Zoom selama empat hari dimulai Senin (13/07) hingga Kamis (16/07).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Badan Litbang SDM, Dimas Anindityo mewakili Sekretaris Badan Litbang SDM. Dalam sambutan pembukanya Dimas menyampaikan bahwa kegiatan penyusunan laporan secara daring ini baru pertama kali dilakukan.

Lebih lanjut Dimas menyampaikan bahwa pola daring tentunya akan membawa permasalahan tersendiri, karena saat menyusun laporan keuangan perlu membongkar berkas. Sehingga pola ini perlu dicarikan strategi yang tepat.

Pada kegiatan --yang dipusatkan pelaksanaannya di Ruang Mr. Arnold Mononutu, Gedung B, Lantai 5, Kementerian Kominfo-- ini, Dimas turut menyatakan bahwa acara ini merupakan koordinasi antara unit utama dan satker/UPT dalam penyusunan laporan BMN dan keuangan Badan Litbang SDM. Sehingga diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan sesuai jadwal yang telah disiapkan panitia.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan, yaitu Nada Fitria dari Biro Keuangan Kementerian Kominfo. Dalam sambutan pengantarnya Nada menyampaikan apresiasi kepada seluruh petugas penyusun laporan BMN dan keuangan, termasuk dari Badan Litbang SDM, karena turut berperan serta dalam pencapaian opini WTP keempat kalinya bagi Kementerian Kominfo yang diperoleh pada Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2019 Audited.

Pada kesempatan ini juga Nada menyampaikan bahwa target waktu penyampaian laporan keuangan semester 1 tahun anggaran 2020 ini, yaitu 24 Juli 2020. Lebih lanjut Nada menyampaikan bahwa pada pelaksanaan anggaran 2020 ini terdapat sejumlah perubahan akun anggaran yang dialokasikan untuk penanganan COVID-19.

Berkenaan dengan itu, Nada menyarankan untuk segera mengidentifikasi ulang terkait penggunaan akun yang ada. Selain itu perlu diperiksa pula terkait kemungkinan adanya kesalahan penggunaan akun belanja maupun pencatatan aset belum diregister di sejumlah UPT.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah pejabat eselon 3 di lingkungan Sekretariat Badan Litbang SDM, petugas penyusun laporan Persediaan, BMN, dan keuangan satker/UPT. Kegiatan ini sendiri terbagi atas beberapa sesi setiap harinya dan diikuti oleh satker/UPT secara daring melalui Zoom.

===

Pubdokpus - Penulis: Gaturi, Redaktur: Riguna A. Fazar


Label: wtp, 2020, anggaran, tahun, 1, semester, bmn, keuangan, sai, laporan, penyusunan
Jumlah pengunjung: 209

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat