Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Penyusunan Laporan SAI Triwulan III TA 2020

14-10-2020 oleh RAF 1

Bogor (14/10/2020) – Guna mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam pelaksanaan anggaran dan pengelolaan BMN di hingga periode Triwulan III Tahun Anggaran 2020, Sekretariat Badan Litbang SDM mengadakan kegiatan Penyusunan Laporan SAI Triwulan III. Dalam upaya menggiatkan kembali perekonomian di masa pandemi, terutama sektor perhotelan, kegiatan kali ini diselenggarakan di Swiss-Belhotel Bogor, pada Rabu (14/10) dan Kamis (15/10), serta di Horison Grand Serpong, pada Jumat (16/10).

Protokol Kesehatan Tetap Diterapkan

Meski dilaksanakan di hotel, protokol kesehatan tetap diterapkan dengan menjaga jarak dan pembatasan jumlah peserta di dalam satu ruangan. Kegiatan penyusunan laporan ini secara umum dilaksanakan secara daring, melalui aplikasi Zoom, dan diikuti oleh seluruh satuan kerja dan UPT di lingkungan Badan Litbang SDM.

Kegiatan pelaporan ini didampingi langsung oleh Tim Reviu dari Biro Keuangan, Kementerian Kominfo, yang dipimpin oleh Nada Fitria, selaku Koordinator Verifikasi dan Akuntansi Biro Keuangan. Selain itu, turut hadir pula secara virtual Nur Abdul Haris, selaku narasumber dari Kementerian Keuangan.

Identifikasi Permasalahan: Revaluasi BMN dan Pagu Minus

Berdasarkan hasil identifikasi masih terdapat sejumlah permasalahan di BMN, salah satunya terkait revaluasi, terutama di satuan kerja Pusdiklat dan UPT Makassar. Dan khusus UPT Makassar, Tim Reviu menyarankan untuk terus berkoordinasi lebih intens dengan KPKNL setempat karena proses revaluasi BMN ini harus selesai di akhir tahun 2020 ini.

Sementara untuk permasalahan di sisi keuangan, salah satu masalah yang ditemukan berkaitan dengan pagu minus. Masalah ini ditemukan di tiga UPT, salah satunya di UPT Surabaya.

Upaya Mempertahankan Predikat WTP Kementerian Kominfo

Perlu diketahui bahwa Kementerian Kominfo memperoleh predikat WTP atas Laporan Keuangan Tahun 2019 dari BPK. Perolehan predikat WTP ini merupakan keempat kalinya secara berturut-turut.

Perolehan tersebut merupakan kontribusi seluruh satuan kerja di Kementerian Kominfo, termasuk Badan Litbang SDM, dalam pengelolaan BMN dan keuangan. Penyusunan Laporan SAI Triwulan III ini merupakan salah satu upaya Badan Litbang SDM untuk mempertahankan perolehan predikat WTP bagi Kementerian Kominfo.

===

Pubdokpus – Penulis: Gaturi; Redaktur: Riguna A. Fazar


Label: penyusunan, laporan, sai, badan, litbang, sdm, triwulan, iii, anggaran, tahun, 2020, menggiatkan, perekonomian, sektor, perhotelan, di, masa, pandemi
Jumlah pengunjung: 95

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat