Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Pusdiklat Kemkominfo mulai Menggunakan Learning Management System (LMS) dalam Penyelenggaraan Pelatihan

19-02-2020 oleh RAF LMS Pusdiklat

Jakarta, Pusdiklat (19/02/2020) - Sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas pelayanan pelatihan dan lulusan pelatihan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mulai memanfaatkan Learning Management System (LMS) dalam proses pembelajaran pada pelatihan tahun 2020 ini.

Pilot project yang dipilih untuk implementasi penggunaan LMS adalah Diklat Jabatan Fungsional Pranata Humas Tingkat Keahlian Angkatan I Tahun 2020 yang diselenggarakan mulai tanggal 17 Februari sampai dengan 13 Maret 2020.

Pada tahap pilot project saat ini, LMS Pusdiklat Kemkominfo masih terbatas sebagai media distribusi materi pelatihan (misal: modul, bahan tayang, dll), media pelaksanaan ujian secara online atau yang lazim dikenal sebagai computer-assisted test (CAT), media evaluasi terhadap peserta, serta media komunikasi antara peserta, pengajar, dan penyelenggara.

Diharapkan ke depannya LMS akan sepenuhnya berfungsi sebagai media fasilitasi berbagai kegiatan pengembangan kompetensi berbasis elektronik (e-learning), baik yang bersifat fully e-learning maupun blended learning.

Selain itu, dengan adanya LMS, maka ke depan akan dimungkinkan penyelenggaraan pelatihan jarak jauh atau distant learning, mengingat kebutuhan pengembangan kompetensi yang semakin tinggi dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (PPPK).

Sebagaimana diketahui, dalam kedua PP tersebut di atas, setiap PNS dan PPPK memiliki kesempatan yang sama untuk diikutsertakan dalam pengembangan kompetensi. Pengembangan kompetensi untuk setiap PNS minimal 20 jam pelajaran (JP) dalam 1 tahun, sedangkan untuk PPPK minimal 24 JP dalam 1 tahun masa perjanjian kinerja. Untuk menjawab kebutuhan ini, penggunaan LMS merupakan salah satu solusinya.

LMS Pusdiklat Kemkominfo dapat diakses melalui alamat URL: https://lms.pusdiklat.kominfo.go.id. (pusdiklat/hdn/rr)


Label: diklat, penyelenggaraan, lms, system, management, learning, menggunakan, kominfo, pusdiklat
Jumlah pengunjung: 369

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat

Siaran Pers

  • Data tidak ada.