Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Serial Lecture: Ekonomi Digital sebagai Kreator Konten Media Sosial

09-07-2018 oleh RAF Serial Lecture: Ekonomi Digitas sebagai Kreator Konten Media Sosial

Jakarta (09/07/2018) – Penggunaan media sosial berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini, salah satunya sebagai sarana berbisnis. Hal itulah yang kemudian diangkat menjadi tema kegiatan Serial Lecture kali ini, yaitu “Ekonomi Digital sebagai Kreator Konten Media Sosial”.

Bertempat di Ruang Serba Guna, lantai dasar, Kementerian Kominfo, pada tanggal 9 Juli 2018, kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Kepegawaian dan Organisasi, Badan Llitbang SDM, Agus Haryono. Dalam kata pembukanya Agus menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin yang diadakan untuk berbagi pengetahuan dan wawasan di antara para peneliti dan pegawai lainnya.

Dimoderatori oleh Kepala Bidang Aplikasi, Puslitbang Aptika dan IKP, Haryati, kegiatan ini dilanjutkan dengan paparan dari narasumber, yaitu Fajar Rulhudana, salah satu Peneliti Bidang Komunikasi dari Pusbang Litprof SDM Informatika. Dalam paparannya Fajar menyampaikan bahwa maraknya hoax atau berita tidak benar akhir-akhir ini karena adanya media sosial, namun di sisi lain media sosial dapat memberikan keuntungan finansial yang cukup menjanjikan.

Fajar turut menyampaikan pula bahwa ekonomi digital merupakan aktivitas ekonomi (barang dan jasa) berbasis teknologi digital yang terhubung Internet, baik yang terkait aktivitas perangkat digital, layanan jasa digital, informasi digital (teks, audio, gambar, video) maupun varian digital lainnya. “Media sosial bisa bermanfaat dan bisa juga merugikan,” demikian kata Fajar.

Media sosial akan memberikan manfaat jika digunakan untuk meningkatkan interaksi, partisipasi sosial (digital), meningkatkan social solution, flexibility, dan productivity. Namun demikian, media sosial akan merugikan jika digunakan untuk propaganda dan mobilisasi, mengubah nilai sosial, jika penggunaannya menyita waktu produktif, menurunkan kemampuan interaksi sosial (social skill), dan menimbulkan adiksi mental dan fisik.

Dalam sesi diskusi, Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Yusuf Iskandar menyampaikan kepada para peserta untuk bisa memanfaaatkan media sosial sebagai sarana menambah pendapatan yang halal. Basuki menitikberatkan hal tersebut terutama bagi para pegawai yang akan memasuki masa purna bakti. Topik kreator konten ini diharapkan dapat jadi bahan diklat bagi para pegawai yang akan memasuki masa purna bakti. (Pubdokpus – G)


Label: sosial, media, konten, kreator, sebagai, digital, ekonomi, lecture, serial
Jumlah pengunjung: 240

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat