Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Tingkatkan Pengembangan SDM Keahlian Digital Imaging dan Video Editing, Pusbang Proserti Kemkominfo Selenggarakan Pelatihan dan Seretifikasi Berbasis SKKNI untuk Angkatan Kerja Muda di Kendari, Sulawesi Tenggara dan Sekitarnya.

10-09-2019 oleh Pusbang Litprof SDM Informatika pelser SKKNI Pembukaan Kendari 2019 033 copy

Kendari, 10 September 2019

Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Pusbang Proserti Kemkominfo) menyelenggarakan Pelatihan dan Seretifikasi Berbasis SKKNI Bidang Keahlian Digital Imaging dan Video Editing untuk Angkatan Kerja Muda di Kendari, Sulawesi Tenggara dan sekitarnya di Swiss Bel Hotel Kendari, Sulawesi Tenggara. Sebanyak 76 peserta dari kalangan kerja muda sangat antuasias mengikuti kegiatan ini. Terlihat dari semangat peserta yang hadir tepat waktu dan tertib dalam mengikuti arahan dan permateri.

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi ini, diawali dengan pembukaan pada Selasa, 10 September 2019 tepat pukul 08.00 WIB yang dihadiri para pejabat dari internal Pusbang Proserti Kemkominfo, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tenggara (Disnakertrans Prov Sultra) beserta jajarannya, Tim Instruktur dari APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia), dan para peserta kegiatan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan dan Produkjtivitas Tenaga Kerja Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasaan Kesempatan Kerja (Kabid PPTKPTK) Disnakertrans Prov Sultra, Aswati, S.Sos, menyampaikan sambutan selamat datang (welcome speech) Kepala Disnakertrans Prov Sultra. Dalam sambutannya disampaikan mengenai kebijakan terkait ketenaga kerjaan baik pembinaan dan kesempatan / peluang kerja bagi SDM di Provinsi Sultra ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Sertifikasi, Drs. Baso Saleh, M.Si. melaporkan bahwa pelatihan dan sertifikasi ini merupakan kegiatan pilot bagi penyelenggaraan kegiatan serupa kini dan selanjutnya.

Selanjutnya, Kepala Pusbang Proserti Kemkominfo, Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc. memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. D alam sambutannya, Hedi M. Idris menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini diselenggarakan di beberapa kota di seluruh Provinsi di Indonesia termasuk di Kota Kendari. Menurut Hedi M. Idris, sertifikasi kompetensi SDM sangat penting terutama bagi seorang professional Digital Imaging dan Video Editing khususnya dalam menghadapi revolusi industri dan era digital dan tantangan global. Selain itu, bagi adik-adik peserta yang berbahagia, harus semangat dan terus belajar sepanjang hayat , karena soft skills di bidang teknologis sangat diperlukan (yang paling mendominasi) dan bukan hanya teknisnya saja.

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari, dimulai dari 10 September 2019 dan berakhir pada tanggal 14 September 2019. Selama mengikuti kegiatan, peserta diberikan pelatihan tentang Digital Imaging dan Video Editing selama 3 (tiga) hari pada 10 – 12 September 2019 oleh Tim Instruktur dari APKOMINDO (Surono, Dominggo Subandrio, Taufik Akbar, dan Al Farica).

Selanjutnya, peserta akan mengikuti Sertifikasi (uji kompetensi) selama 2 (dua) hari pada 13 – 14 September 2019 oleh Tim Asesor LSP Komputer. Namun sebelum dilakukan pelatihan dan sertifikasi, peserta mendapat pembekalan materi terkait kompetensi Digital Imaging dan Video Editing oleh Head of Animation Major @ Binus University, Dermawan Syamsuddin, S.Sn, M.Sn. (AY)


Label: proserti
Jumlah pengunjung: 220

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat