Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Tingkatkan Pengembangan SDM Keahlian Network Administrator, Pusbang Proserti Kemkominfo Selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis SKKNI untuk Angkatan Kerja Muda di Bengkulu

01-10-2019 oleh Pusbang Litprof SDM Informatika pembukaan pelser SKKNI Bengkulu 2019 006 copy

Kota Bengkulu, 1 Oktober 2019, Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Pusbang Proserti Kemkominfo) menyelenggarakan Pelatihan dan Seretifikasi Berbasis SKKNI Skema Network Administrator untuk Angkatan Kerja Muda di Provinsi Bengkulu, bertempat di Splash Hotel Bengkulu. Sebanyak 76 peserta dari kalangan angkatan kerja muda sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat dari semangat peserta yang hadir tepat waktu dan tertib dalam mengikuti arahan dan materi kegiatan.

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi ini, diawali dengan pembukaan pada Selasa, 1 Oktober 2019 tepat pukul 09.00 WIB yang dihadiri para pejabat dari internal Pusbang Proserti Kemkominfo, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu (Disnakertrans Prov Bengkulu) beserta jajarannya, Narasumber Pembekalan Teknis Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D, Tim Instruktur dari Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS), dan para peserta kegiatan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pengembangan Sertifikasi, Drs. Baso Saleh, M.I.Kom. melaporkan bahwa sasaran pelatihan dan sertifikasi ini adalah fresh graduate dari S1 bidang informatika untuk melatih dan menguji kompetensi dalam mengadministrasi jaringan. Tim instruktur pelatihan yang dihadirkan dalam pelatihan merupakan personel-personel yang kompeten di kampus dan industri dalam hal network administrator, sehingga mereka mengerti tentang link and match antara kebutuhan industri dan ketersediaan SDM di perguruan tinggi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu (Kepala Disnakertrans Prov Bengkulu), Ir. Drs. H. Sudoto, M.Pd menyampaikan sambutan mewakili pemerintah daerah. Dalam sambutannya, Kepala Disnakertrans Prov Bengkulu menyampaikan bahwa tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Bengkulu termasuk rendah yakni 2,5%, nomor 3 di tingkat nasional, namun memiliki tingkat kemiskinan yang tergolong tinggi (15%). Masalahnya, dianalisis Kadis, terletak pada rendahnya produktivitas dan kompetensi SDM di Provinsi Bengkulu. Oleh karena itu, Kadis berterimakasih karena Kemkominfo telah tepat menjatuhkan kebijakan menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi di Provinsi Bengkulu.

Selanjutnya, Kepala Pusbang Proserti Kemkominfo, Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc. memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. D alam sambutannya, Hedi M. Idris menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini diselenggarakan di beberapa kota di seluruh Provinsi di Indonesia termasuk di Provinsi Bengkulu. Menurut Hedi M. Idris, kunci peningkatan produktivitas terletak pada kompetensi. Kompetensi perlu dilatih dan diujikan. Dilatih, karena selama kita bernapas kita harus belajar dan mengasah keterampilan. Diujikan, karena dengan uji kompetensi maka kita dapat mengetahui kemampuan kita.

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari, dimulai dari 1 Oktober 2019 dan berakhir pada tanggal 5 Oktober 2019. Selama mengikuti kegiatan, peserta diberikan pelatihan tentang Network Administrator selama 3 (tiga) hari yakni pada 1 - 3 Oktober 2019 oleh Tim Instruktur dari APTIKNAS (Nursamsi, Hardiansyah, Juli Yanto, dan Suwarno Wijaya).

Selanjutnya, peserta akan mengikuti Sertifikasi (uji kompetensi) selama 2 (dua) hari pada 4 – 5 Oktober 2019 oleh Tim Asesor dari LSP Komputer. Namun sebelum dilakukan pelatihan dan sertifikasi, peserta mendapat pembekalan materi terkait Penyiapan SDM Network Administrator di Era Revolusi Industri 4.0. (TPS)


Jumlah pengunjung: 195

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat