Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Uji Kompetensi Sertifikasi SKKNI bidang Informatika di Pekanbaru Meluluskan 90 % Peserta

09-08-2017 oleh Pusbang Litprof SDM Informatika Pembukaan SKKNI Bidang Informatika untuk Angkatan Kerja Muda 2017 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika, Badan Litbang SDM mulai hari Selasa 25 Juli 2017 sampai dengan Kamis 27 Juli 2017, melaksanakan kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika di Pekanbaru, Riau. Kegiatan yang diawali dengan pembukaan pada pagi ini, dihadiri oleh Mantan Ketua Dewan TIK Nasional (Wantiknas) yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer (APTIKOM) Prof. Dr. Zainal Arifin Hasibuan, M. Sc, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Kasim Riau, Dr. Hartono, M. Pd, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Riau, Ir. H. Yogi Getri, Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informatika Dinas Kominfo Pekanbaru Bp. Muhammad Azmi, dan Ketua LSP Informatika Muhaemin, S. Kom., MM. Pembukaan acara sertifikasi yang ke-27 ini dilakukan oleh Kepala Pusbang Litprof Informatika Dr. Ir. Hedi M. Idris, MSc. Sementara Laporan Ketua Pelaksana disampaikan oleh Kepala Bidang Literasi Informatika, Dr. R.M. Agung Harimurti, M. Kom. Sertifikasi kali ini diminati oleh lebih dari 100 orang pendaftar, akan tetapi karena keterbatasan kuota maka Sertifikasi ini hanya dapat diikuti oleh 75 orang peserta.

Pada sesi pembukaan Agung Harimurti menyampaikan laporan bahwa diselenggarakannya kegiatan sertifikasi ini bertujuan membantu angkatan kerja muda bidang Informatika, khususnya lulusan SMK dan Pendidikan Tinggi Vokasi yang mempunyai prestasi baik di Provinsi Riau untuk mendapatkan Sertifikat kompetensi di bidang Teknologi informasi. Sehingga bisa digunakan dalam menghadapi persaingan SDM di tingkat nasional, regional, bahkan global. Di Pekanbaru ini klaster atau bidang keahlian yang akan di uji kompetensi meliputi: Network Administrator dan Programming. Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Riau secara khusus memberikan apresiasi atas diselenggarakannya acara ini. Acara ini selain memberikan dampak positif bagi pengembangan sumber daya manusia bidang Informatika di Provinsi Riau dan sekitarnya juga diharapkan mempererat jalinan kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagai mana diamanatkan dalam PP No. 12 Tahun 2017.

Kepala Pusbang SDM Informatika, Dr. Ir. Hedi M. Idris, M. Sc, sebagai Keynote Speaker menyampaikan setiap tahun lulusan SMK bidang Informatika berjumlah sekitar 250 ribu orang, sementara lulusan Perguruan Tinggi Vokasi berada pada angka 50 ribu orang. Sayangnya, Pusbang Informatika tahun ini hanya mempuyai kemampuan untuk memberikan Sertifikasi awal pada Angkatan kerja bidang Informatika ini sebanyak 2600 orang atau tidak sampai 1 % dari jumlah lulusan. Untuk itu Kepala Pusbang mengajak peran serta Pemerintah Daerah dan Sektor Swasta untuk berparsipasi aktif dalam kegiatan yang mulia ini. Karena dengan memperoleh Sertifikasi maka angkatan kerja muda bidang Informatika Indonesia akan diakui ketrampilannya di seluruh dunia. Dr. Ir. Hedi M. Idris, M. Sc, membuka dengan resmi acara Fasilitasi Sertifikasi berbasis SKKNI bidang Informatika yang disambut tepuk tangan oleh Hadirin.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pengarahan oleh Prof. Zainal Hasibuan, dalam materi presentasinya Ketua Dewan Pengarah LSP Informatika ini menggaris bawahi bahwa sertifikasi ini merupakan buah dari Globalisasi. Menurut beliau Globalisasi melahirkan anak yang di beri nama Standarisasi, sementara untuk mendapatkan standarisasi dibutuhkan Kompetensi yang diwujudkan dengan Sertifikasi. Fasilitasi Sertifikasi berbasis SKKNI di Pekanbaru berhasil meluluskan 68 peserta atau 90 % dari 75 orang yang mengikuti. 90 % kelulusan masing-masing disumbangkan oleh keahlian Network Administrator dan Programming. Penutupan fasilitasi sertifikasi langsung dilakukan oleh Kepala Bidang Literasi Informatika pada Kamis, 27 Juli 2017. Untuk menyaksikan video fasilitasi sertifikasi di Pekanbaru bisa dilihat melalui tautan https://www.youtube.com/embed/Y31VUySgX08. (AHP)


Jumlah pengunjung: 370

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat