Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA SKKNI Sebarkan :

WAKIL BUPATI KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE, HELMUD HONTONG: SKKNI SANGAT PENTING UNTUK MEMPERSIAPKAN ANGKATAN KERJA MUDA DAERAH UNTUK BISA BERSAING

29-04-2019 oleh BPSDMP Kominfo Manado

SkkniTahuna (29/04/2019). Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong, SE, sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Bidang Informatika berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang diadakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Manado di Tahuna 29 April-3 Mei 2019. Apresiasi ini disampaikan Hontong dalam sambutan dan arahannya saat pembukaan acara SKKNI dihadapan 50 peserta yang adalah alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Informatika di hotel Tahuna, Senin 29 April 2019. Hontong juga menegaskan angkatan kerja muda di daerah sangat perlu dipersiapkan dalam mengahadapi pasar global dan perkembangan revolusi industri ke 4.0. Karena itu diharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan secara serius dan proaktif.

Sementara itu kepala BPSDMP Kominfo Manado, Christiany Juditha, S.Sos, MA mengungkapkan SKKNI merupakan program prioritas dari Balitbang SDM Kementerian Kominfo. Dan untuk Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun ini mendapatkan kesempatan untuk menyiapkan angkatan muda untuk mengikuti sertifikasi berbasis SKKNI ini. Juditha juga mengatakan bahwa SKKNI merupakan program percepatan kompetensi SDM Bidang Informatika untuk melaksanakan program Nawacita yang dicanangkan oleh presiden RI, Joko Widodo. Karena itu penyediaan infrastruktur TIK juga memerlukan kesiapan SDM TIK yang juga memadai untuk dapat bersaing di Era Global.

Pada kesempatan yang sama, dalam paparan materinya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Drs. Dokta Pangandaheng, ME, mendorong setiap peserta untuk terus berupaya menunjukkan kemampuan diri agar dapat dinyatakan berkompenten dalam bersaing dalam dunia kerja. Selain itu Pangandaheng juga mengajak para peserta SKKNI untuk mengikuti bursa kerja yang akan diadakan di Manado bulan Juni mendatang dengan menyertakan sertifikat kelulusan SKKNI yang akan menjadi nilai tambah dalam bersaing di dunia kerja.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi bahan ajar oleh instruktur kepada peserta SKKNI dalam tiga kelas masing-masing dengan jurusan, Junior Programing, Junior Networking dan Junior Multimedia. (SS).


Label: sangihe, tahuna, manado, bpsdmp kominfo, 2019, tik, informatika, skkni
Jumlah pengunjung: 228

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat