Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Webinar Pengelolaan Sitasi pada Jurnal Ilmiah bagi Penulis dengan menggunakan Aplikasi Mendeley 

13-08-2020 oleh BPSDMP Kominfo Manado gambar

(Manado, 13 Agustus 2020) – Menulis sebuah artikel pada jurnal ilmiah, tidak terlepas dari mensitasi hasil penelitian orang lain untuk lebih menguatkan artikel yang dibuat. Akan sangat mudah bagi penulis jika dapat mendokumentasikan naskah-naskah yang akan digunakan sebagai rujukan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Mendeley, yaitu sebuah aplikasi untuk mengelola sitasi dalam sebuah naskah. Demikian salah satu tujuan diadakannya webinar oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado pada Rabu, 13 Agustus 2020. Webinar dengan juduln“Pengelolaan Sitasi Menggunakan Mendeley” ini diikuti 100 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan ini diawali dengan arahan sambutan Kepala BPSDMP Kominfo Manado, Christiany Juditha,S.Sos,M.A yang menyampaikan bahwa tupoksi BPSDMP Kominfo Manado adalah pengembangan sumber daya manusia di bidang TIK dan Komunikasi selain itu juga kajian penelitian bidang komunikasi dan TIK. Sehingga pelatihan-pelatihan seperti ini sudah sering kali dilakukan setiap tahunnya. Kebetulan saat ini masa pandemi covid-19 dan memasuki era new normal sehingga kegiatan-kegiatan ini dapat dilaksanakan secara online sehingga pesertanya juga lebih beragam.

Menurut Juditha, BPSDMP Kominfo Manado saat ini memiliki jurnal akreditasi Sinta 2 dan masih banyak penulis-penulis yang memasukkan naskah tetapi belum menggunakan aplikasi Mendeley. Padahal aplikasi seperti ini wajib bagi para penulis, peneliti, mahasiswa untuk memudahkan sitasi.

Sementara itu, hadir sebagai narasumber adalah Ketua Jurnal Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Birgitta Bestari Puspita,M.A. Materi yang disampaikan kepada peserta meliputi membuat akun di Mendeley Web, Mendeley Desktop, dan pemanfaatan Web Importer. Tidak hanya pemaparan materi, namun juga melakukan langkah-langkah menggunakan Mendeley pada aplikasi Microsoft Words.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini diikuti oleh peserta dengan sangat antusias, dan juga langsung mengikuti tiap langkah-langkah menggunakan Mendeley dan bisa langsung bertanya kepada narasumber. (*RW).


Label: mendeley, ilmiah, jurnal, pelatihan, manado, kelas, daring, online, bpsdmp kominfo manado
Jumlah pengunjung: 245

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat