Logo
Logo header Puslitbang Sumber Daya Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika

BERITA Sebarkan :

Konsinyering Proposal Studi Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi Industri Telekomunikasi di Indonesia (Long Term)

01-08-2018 oleh Rebas

Dalam rangka persiapan pelaksanaan penelitian Studi Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi di IndonesiaIndustri Telekomunikasi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika (SDPPPI), Badan Penelitan dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan kegiatan Konsinyering Proposal Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi Industri Telekomunikasi di Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 14 Februari 2018 di Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK), Ciputat.

Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan Konsinyering Proposal Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi Industri Telekomunikasi di Indonesia ini adalah untuk melakukan penyusunan proposal penelitian yang akan dilaksanakan

Kegiatan Konsinyering Proposal Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi Industri Telekomunikasi di Indonesia ini mencakup penelitian di Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika dengan peserta yang terdiri dari para peneliti dan staf di Puslitbang SDPPPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kegiatan Konsinyering Proposal Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi Industri Telekomunikasi di Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 14 Februari 2018 di BPRTIK Ciputat. Kegiatan Konsinyering tersebut diikuti oleh para peneliti dan staf di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pembukaan kegiatan konsinyering disampaikan oleh Harjani Retno Sekar H selaku Kepala Bidang PPI. Dalam kegiatan ini, dibahas beberapa hal, yaitu :

  • Industrial Organization selalu dikaitkan dengan desain organisasi, tetapi faktanya tidak begitu. Industrial Organization adalah bagaimana kita mengatur industry di sebuah negara.
  • Industrial Organization adalah bagian dari cabang ilmu ekonomi yang membahas bagaimana perilaku strategis bisnis dari pelaku bisnis, pembuat kebijakan dan kompetisi pasar.
  • Sekup dari Industrial Organization ada 2 yaitu aspek makro: how to arrange industry to gain optimum profit; bagaimana industri kita tata sehingga tidak hanya menguntungkan key player di industry, tetapi juga untuk kepentingan bersama; how to develop optimum social welfare
  • Aspek mikro: how do firms interact with business environments; how do firms compete and win the competition; the strategic management of the firm.
  • Di daam bisnis ada 2 yang kita jual, core product dan auxiliary product, ini yang menjadi analisis dari industrial organization.

Simpulan dari pelaksanaan kegiatan Konsinyering Proposal Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi Industri Telekomunikasi di Indonesia adalah diperlukan kerja sama dan koordinasi yang baik dalam melaksanakan penelitian ini, mengingat banyak data pendukung penelitian yang diperlukan dan cenderung sulit untuk diperoleh.


Label: sdpppi, konsolidasi, industri, efisiensi, telekomunikasi Jumlah pengunjung: 1