Kepala Badan Litbang SDM Buka Tiga Pelatihan di Pustiknas

08-12-14 oleh Admin

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Kementerian Kominfo, Aizirman Djusan, hari ini (27/03) membuka pelatihan E-Government Angkatan II, Web Disain Sekolah, dan E-Learning, di Pusat TIK Nasional (Pustiknas), Ciputat. Dalam pembukaan tersebut, turut hadir Adjat Sudrajat, Kepala Program Pascasarjana Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung; Herry Abdul Azis, Direktur e-Government, Ditjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo; serta Kepala Pusat Litbang Literasi dan Profesi SDM Kominfo, Gati Gayatri, dan Koordinator Pustiknas, Fadilah Mathar. 

Dalam sambutannya, Kepala Badan LItbang SDM menyampaikan bahwa pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan ini sangatlah penting untuk pengembangan kapasitas SDM di Indonesia. mengambil contoh e-Government, Aizirman menyampaikan bahwa hal ini merupakan upaya pembaharuan dan efisiensi kinerja pemerintah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Kepala Badan Litbang juga menambahkan bahwa selain peningkatan kapasitas SDM, penerapan e-Government juga memerlukan dukungan dari para pimpinan di institusi tersebut, agar kebijakan-kebijakan yang dibuat dapat mendukung penerapan e-Governmment dengan baik di Indonesia.

Selain itu, Aizirman juga menyambut baik diselenggarakannya pelatihan Web Disain Sekolah dan pelatihan e-Learning. Menurutnya website sebuah institusi merupakan jendela untuk mengenalkan institusi tersebut. Diharapkan sekolah-sekolah yang terlibat dalam pelatihan ini dapat mengimplementasikan hasil pelatihan ini bagi kebaikan masing-masing. Sedangkan untuk e-Learning, Kepala Badan Litbang SDM berharap agar ranah baru ini dapat dikembangkan dengan maksimal. Namun demikian, masih ada permasalahan ketersediaan konten dalam e-Learning itu sendiri.   

Ketiga pelatihan ini diikuti oleh lebih dari seratus orang peserta yang berasal dari sekitar 60 institusi pemerintah pusat dan daerah untuk pelatihan e-Government Angkatan II, 42 tenaga pengajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Umum (SMU) untuk pelatihan Web Disain Sekolah, serta 30 orang dosen dari UNINUS untuk pelatihan e-Learning. Dalam penyelenggaraan pelatihan e-Government Angkatan II,  Badan Litbang SDM bekerjasama dengan Direktorat e-Government, Ditjen Aptika. 

Pelatihan e-Government Angkatan II ini akan dilaksanakan selama 3 hari, dimulai pada 27 Maret s/d 29 Maret 2012. Sedangkan untuk pelatihan Web Disain Sekolah dan pelatihan e-Learning direncanakan untuk selesai pada sore hari. (Dim)