Observasi Sungai: Mengamati Kehidupan Warga Pesisir Sungai Bersama FISIP Unlam dan BPPKI Banjarmasin

08-12-14 oleh Admin

Di Banjarmasin yang dikenal sebagai kota seribu sungai, peranan sungai dalam hidup masyarakat sangat besar pengaruhnya. Sejak dahulu sebagian besar masyarakat Kalimantan Selatan Banjarmasin menggantungkan hidupnya di sungai. Hal inilah yang merupakan salah satu alasan kegiatan observasi sungai yang dilakukan oleh FISIP Unlam Banjarmasin bekerjasama dengan BPPKI Banjarmasin.

Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu, 6 Desember 2014 ini merupakan perjalanan studi komunikasi pembangunan dalam bentuk susur sungai yaitu untuk mengamati permasalahan kehidupan masyarakat pesisir sungai dalam cakupan sekitar sungai Martapura dan berikut dengan keadaan lingkungan fisik di sungai tersebut. Peserta kegiatan observasi sungai diikuti oleh sekitar 105 orang yang terdiri dari 1 dosen pembimbing dan mahasiswa Unlam Banjarmasin serta 2 orang perwakilan dari BPPKI Banjarmasin.

Perjalanan ini menggunakan perahu klotok di mulai dari Dermaga Jalan Panglima Batur, Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara. Kemudian melewati Sungai Antasan Kecil lalu memasuki Muara Sungai Barito, Pulau Sewangi (Alalak), Sungai Andai hingga daerah Banua Anyar. Perjalanan dilanjutkan melalui Sungai Gampa, Sungai Lulut hingga berakhir di daerah Lok Baitan.

Diharapkan dengan kegiatan studi susur ini akan menemukan solusi tepat demi memecahkan masalah yang telah ditemukan dari pengamatan yang dilakukan. Sehingga dapat membantu mewujudkan keadaan yang lebih baik bagi sungai yang ada di Banjarmasin serta kesejahteraan masyarakat yang tinggal di pesisirnya.