Pembinaan Pengelolaan Jurnal Ilmiah JP2KP BPPKI Banjarmasin

20-11-14 oleh Admin

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu penerbitan jurnal ilmiah di lingkungan Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika serta melanjutkan program yang pernah dilakukan sebelumnya tahun 2013, Badan Litbang SDM melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap para pengelola jurnal salah satunya adalah jurnal BPPKI Banjarmasin. Tepatnya, Selasa, 18 November 2014, bertempat di Aula BPPKI Banjarmasin, pembinaan jurnal ilmiah ini menghadirkan narasumber DR. Wiryanta,M.A (Kepala Puslitbang APTIKA dan IKP) dan Anggota Tim Pembina Jurnal Ilmiah Nasional.

Beberapah hal yang disampaikan seperti penilaian dan jumlah poin dalam akreditasi jurnal ilmiah LIPI mencakup: subtansi; penyuntingan dan mitra bestari, gaya penulisan, kelembagaan penerbit, keberkalaan, penampilan, dan penamaan. Selain itu juga persiapan e-Jurnal yang akan mulai diterapkan ditahun mendatang.

Saat ini BPPKI Banjarmasin memiliki satu buah jurnal yaitu Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan yang statusnya belum terakreditasi. Pembinaan jurnal ini diikuti oleh mitra bestari, pengelola jurnal, para peneliti dan kandidat peneliti di lingkungan BPPKI Banjarmasin.

Beberapa hari sebelumnya, BPPKI Banjarmasin diwakili oleh pengelola jurnal BPPKI Banjarmasin juga telah melakukan konsultasi kepada bapak Kepala Sub Bidang Akreditasi Pusbindiklat Peneliti LIPI, Sutrisno Heru Sukoco, S.Si. Konsultasi ini terkait dengan hambatan yang selama ini dihadapi oleh pengelola jurnal. Selain itu hal ini dilakukan dalam menghadapi tantangan dan tuntutan kedepan agar jurnal menjadi lebih baik (akreditasi). Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah pemberlakuan e-jurnal atau jurnal online. Hal ini dibutuhkan kesiapan bukan hanya sumber daya manusianya dalam pengelolaannya tetapi juga kualitas dari naskah yang akan diterbitkan.