Logo
Banner logo BPSDMP Kominfo Bandung Jakarta

BERITA Sebarkan :

Kerjasama Penelitian Aplikasi e-Pengaduan Masyarakat Kota Jambi

15-03-2018 oleh Marudur P. Damanik Penandatanganan kerjasama antara BPSDMP Kominfo Jakarta dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jambi

BPSDMP Kominfo Jakarta --- Kota Jambi yang termasuk dalam wilayah kerja Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Jakarta termasuk dalam salah satu dari 25 kota yang lolos dalam assesment Program Gerakan 100 Smart City pada tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Kemendagri, Kementerian PAN & RB, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PU & PR, Kantor Staf Presiden serta Kompas Gramedia. Setelah dinyatakan lolos assesment, Kota Jambi kemudian menyusun Masterplan Smart City Kota Jambi serta menetapkan sistem e-pengaduan masyarakat yang berupa aplikasi Sistem Informasi Keluhan Masyarakat Online (SiKEsal) untuk menjadi quick win smart city.

BPSDMP Kominfo Jakarta yang salah satu tugas dan fungsinya adalah melakukan penelitian tertarik untuk mengkaji pemanfaatan Aplikasi SiKesal tersebut sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Smart City di Kota Jambi. Gagasan ini disambut baik oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Jambi, yang kemudian diwujudkan dalam bentuk kerjasama antara BPSDMP Kominfo Jakarta dengan Diskominfo Kota Jambi.

Kerja sama tersebut diawali dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) penelitian “Analisis Pemanfaatan Aplikasi SiKesal sebagai Quick Win Pelaksanaan Smart City di Kota Jambi” oleh Kepala BPSDMP Kominfo Jakarta, Drs. Parulian Sitompul, MA dan Kepala Diskominfo Kota Jambi, Drs. Nirwan, ME. Acara tersebut berlangsung di Ruang Rapat Utama Kantor Walikota Jambi dan disaksikan langsung oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan yang mewakili Plt. Walikota Jambi, H. Mukhlis A. Muis, S.Sos.

Gambar 2. Penandatanganan PKS antara BPSDMP Kominfo Jakarta dengan Diskominfo Kota Jambi

Setelah penandatanganan PKS tersebut, rangkaian kegiatan penelitian pun di mulai dengan melakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh perwakilan dari Dewan Smart City Kota Jambi, Tim Pelaksana Smart City Kota Jambi, Pengembang Aplikasi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Masyarakat Kota Jambi. Dalam FGD tersebut dilaksanakan untuk mendapatkan informasi mulai latar belakang pelaksanaan Smart City di Kota Jambi hingga hambatan yang dialami saat memanfaatkan aplikasi SiKesal serta saran dari semua pihak yang hadir dalam mengembangkan aplikasi tersebut. Informasi yang tersebut nantinya akan dimanfaatkan sebagai sumber data dalam kegiatan penelitian tersebut.

Gambar 2. FGD Penelitian Analisis Pemanfaatan Aplikasi SiKesal sebagai Quick Win Pelaksanaan Smart City di Kota Jambi

Rangkaian kegiatan penelitian selanjutnya adalah melakukan pengumpulan data melalui pengisian kuesioner kepada para Admin Aplikasi SiKesal di masing-masing OPD. Dengan adanya kerja sama antara tim dari BPSDMP Kominfo Jakarta dengan tim dari Diskominfo Kota Jambi, berhasil mengumpulkan data 62 responden dari OPD di tingkat kelurahan dan 40 responden di Dinas/Lembaga non Kelurahan.

Gambar 3. Pengisian Kuesioner OPD di Kota Jambi

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Kepala BPSDMP Kominfo Jakarta, Drs. Parulian Sitompul, MA beserta tim juga melakukan koordinasi dengan Diskominfo Provinsi Jambi yang disambut langsung oleh Kepala Diskominfo Provinsi Jambi, Ir. Nurachmat Herlambang, MMA. Kegiatan koordinasi ini menjadi salah satu bentuk jalinan hubungan antara BPSDMP Kominfo Jakarta dengan stakeholder yang ada di wilayah kerjanya yakni Diskominfo Provinsi Jambi. Dalam kesempatan koordinasi tersebut dilakukan pembicaraan awal mengenai rencana kerja sama yang dapat dilakukan antara BPSDMP Kominfo Jakarta dengan Diskominfo Provinsi Jambi di tahun 2019.

Gambar 4. Koordinasi dengan Diskominfo Provinsi Jambi

(DD)