Logo
Logo header BPPKI Jakarta

BERITA Sebarkan :

Pemanfaatan Internet dengan CAKAP (Cerdas, Kreatif, dan Produktif)

09-05-2018 oleh Marudur P. Damanik

Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Jakarta Tahun Anggaran 2018 salah satu program kerjanya adalah menyelenggarakan kegiatan layanan pengenalan Teknologi Komunikasi dan Informatika (TIK) bagi masyarakat melalui galeri internet yang sudah ada, dalam bentuk memberikan bimbingan kepada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan tersebut diselenggarakan tanggal 2, 3, 4, 7, dan 8 Mei 2018 dengan mengambil tema "Pemanfaatan Galeri Internet Sebagai Media Edukasi Untuk Berinternet Secara Cakap”, Cakap dimaksudkan di sini Cerdas, Kreatif dan Produktif. Kepala BPSDMP Kominfo Jakarta Bapak Drs. Parulian Sitompul, M.A dalam sambutan pembukaan acara yang didampingi Sekretaris Camat Menteng Ibu Paulinawati dan semua pejabat struktural Eselon IV di lingkungan BPSDMP Kominfo Jakarta, mengutip pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, “Jakarta walau menjadi ibu kota Negara Republik Indonesia, ternyata masih banyak ibu-ibu yang belum bisa menggunakan internet khususnya warga pinggiran”. Peserta kegiatan ini sebanyak 90 orang ibu rumah tangga yang berasal dari Kelurahan Menteng, Kelurahan Pegangsaan, Kelurahan Kebon Sirih, dan Kelurahan Matraman Jaya dan 60 orang pelajar pada tingkat Sekolah dasar (SD) dari dua sekolah, yakni SDN 01 Pagi Ampium Pegangsaan dan SDN 02 Cikini. Semua peserta berasal dari lingkungan Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Penyelenggaran kegiatan ini mendapat apresiasi dari masing-masing Wakil Kepala Sekolah, dalam pernyataannya Wakil Kepala SDN 02 Cikini, Jakarta Pusat Ibu Siti Khodijah mengatakan “acara tersebut sangat bagus dan bermanfaat bagi peserta anak didik kami, dan kami mohonkan kepada kominfo (BPSDMP Jakarta) agar tahun depan yang diundang tidak hanya anak didik tapi juga guru-gurunya untuk mengikuti program serupa karena di sini masih banyak guru yang gaptek (gagap teknologi)”. Ditempat dan waktu yang berbeda pernyataan senada juga disampaikan Wakil Kepala SDN 01 Pagi Ampium Pegangsaan, Jakarta Pusat Ibu Nurlaili. Sedang testemoni dari peserta ketika menyampaikan kesan dan pesannya beberapa peserta, seperti yang disampaikan Ibu Eti Supriati dalam kesannya “Sangat baik sekali pembelajaran ini dan sangat berguna, jadi kita bisa mengawasi anak dan tidak dapat dibodohi oleh anak”, lebih lanjut dalam pesannya mengatakan “Agar ditambah lagi pelatihannya biar tambah mengerti sehubungan dengan usia, jadi agak lambat mempelajarinya dan ditambah lagi pengetahuannya”. Kesan lain disampaikan Ibu Sasmia Heralani, “Sangat senang belajar dan mendapatkan ilmu di sini” , sedangkan dalam pesannya mengatakan “Harus tetap berjalan agar semua orang tidak menyalahgunakan pemakaian internet”. Sedangkan perwakilan dari masing-masing SD, seperti yang disampaikan Nisrina K Aulia, “Saya sangat suka pelatihan ini banyak sekali ilmu yang tadinya tidak tau sekarang jadi tau”. Pernyataan senada disampaikan Nazwa Mulia, “Belajar di kominfo banyak manfaatnya dapat menambah wawasan, belajarnya seru dan tau semua tentang internet. Makasih yaaa...”

Selaras dengan testemoni peserta bahwa layanan pengenalan TIK bagi masyarakat memang bertujuan untuk peningkatan pengetahuan masyarakat dalam mengakses dan menggali informasi yang terdapat di dalam berbagai aplikasi internet. Selain itu, agar para peserta dapat menularkan pengetahuannya kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya sehingga nantinya masyarakat pada umumnya dapat mendayagunakan internet untuk kegiatan-kegiatan positip secara Cakap. Dari pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan memperoleh manfaat agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi dan komunikasi melalui Internet. Disamping itu, mereka (peserta) juga diharapkan dapat menjadi pionir di lingkungan sekitarnya untuk lebih cerdas menghadapi/menerima informasi-informasi negatif seperti hoax, pornografi, heatspeech, dan semacamnya. Di akhir acara BPSDMP Kominfo Jakarta memberikan apresiasi kepada masing-masing peserta (150 orang) yang mengikuti layanan TIK berupa sertifikat keikutsertaan.


Label: bpsdmp, kominfo, litbang kominfo, galeri internet, cakap, internet, pelatihan, internet sehat