Logo
Logo header BPPKI Jakarta

BERITA Sebarkan :

PEMBINAAN PEGAWAI BPSDMP KOMINFO JAKARTA 2018

28-03-2018 oleh Marudur P. Damanik

Pembinaan pegawai Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Jakarta yang sebelumnya bernama Balai Penelitian dan Pengkajian Komunikasi Dan Informatika (BPPKI) Jakarta sudah menjadi program kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Pembinaan pegawai BPSDMP Kominfo Jakarta tahun 2018 diselenggarakan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah selama tiga hari pada tanggal 26 - 28 Maret 2018, dengan tema "Semangat, Kreatif, dan Profesional". Sebagaimana disampaikan Kasubbag Umum Bapak Felix Tawaang, SH dalam laporan pertanggungjawabannya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, kerjasama, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan kualitas kinerja pegawai BPSDMP Kominfo Jakarta.

Pembinaan pegawai BPSDMP Kominfo Jakarta 2018 diikuti 22 orang yang terdiri dari Pejabat Eselon 2 dari Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian Kominfo RI, pejabat eselon 3 dan 4, fungsional peneliti, fungsional litkayasa, fungsional umum, Pegawai Pemerintah Non PNS (PPNP), dan tiga orang pegawai purna bakti tahun 2017 - 2018 dilingkungan BPSDMP Kominfo Jakarta. Dalam sambutannya Kepala BPSDMP Kominfo Jakarta Bapak Drs. Parulian Sitompul, M.A menyampaikan sesuai dengan tema yang tertulis bahwa setiap personal pegawai BPSDMP Kominfo Jakarta harus memiliki semangat melakukan perubahan budaya kerja, datang ke kantor adalah untuk bekerja bukan seperti datang ke rumah atau ke pusat perbelanjaan. Setiap pegawai juga harus kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk-produk BPSDMP Kominfo Jakarta. Juga setiap pegawai dituntut bersikap profesional dalam melakukan pekerjaan yang tentunya sesuai dengan tugas dan jabatannya masing-masing. Dengan begitu, kedepannya diharapkan BPSDMP Kominfo Jakarta menjadi salah satu institusi yang dapat diperhitungkan eksistensinya.

Pembinaan pegawai tersebut dibagi menjadi dua kegiatan. Pertama; Bersifat pembinaan mental yang dilakukan di dalam ruangan dengan mendengarkan arahan dari Kepala Biro Kepagawaian dan Organisasi Kementerian Kominfo RI, Bapak Cecep Ahmed Feisal, SH dengan materi 1) Netralitas ASN/PNS dalam Pilkada dan Pilpres. 2. Disiplin Hak dan Kewajiban ASN/PNS sesuai peraturan yang ada, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya-jawab. Pada sesi ini sangat menarik karena banyak pertanyaan yang disampaikan peserta terutama yang menyangkut hak dan kewajiban pegawai. Kedua; Bersifat pembinaan fisik yang dilakukan di luar ruangan, permainan melatih kerjasama kelompok, dan permainan melatih kedisiplinan untuk pemanfaatan waktu dalam bekerja sambil mengikuti arahan dari pemandu acara. Pada sesi acara ini setiap peserta nampak bergembira, bersemangat, dan berenergi sehingga dari sini diharapkan ada nilai positif yang dapat dibawa pulang dan saat kembali bekerja di kantor. Semua tahapan kegiatan pembinaan berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan, tidak ada satupun yang menjadi kendala atau hambatan mulai dari keberangkatn ke Kota Semarang sampai kembali tiba di Kota Jakarta. Mengingat besarnya manfaat, maka kiranya kegiatan acara semacam itu untuk kedepannya perlu dilanjutkan guna meningkatkan produktifitas kinerja pegawai BPSDMP Kominfo Jakarta. (BS)


Label: pembinaan pegawai, asn