Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

TENTANG KAMI Sebarkan :

Profile | Tupoksi | Organisasi | Anggaran | Kegiatan Ka. Badan


Target

13-06-2021 oleh Kontributor
Nomor Registrasi Konten: 1-784


Salah satu arahan Presiden RI berkenaan transformasi digital, yaitu menyiapkan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) talenta digital. “… untuk melakukan transformasi digital, negara kita membutuhkan talenta digital sebanyak kurang lebih sembilan juta orang untuk 15 tahun ke depan …,” ungkap Presiden.

Penyiapan SDM talenta digital kini menjadi salah satu program prioritas nasional. Program ini menjadi kewenangan sejumlah K/L dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) termasuk salah satunya.

Di Kementerian Kominfo, pelaksanaan program penyiapan SDM talenta digital salah satunya oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM (Badan Litbang SDM). Hal ini sesuai dengan salah satu tugas Badan Litbang SDM dalam pengembangan SDM bidang kominfo.

Pada tahun anggaran 2021 ini Badan Litbang SDM memiliki sejumlah program pengembangan SDM bidang kominfo. Selain itu terdapat pula program kajian yang merupakan salah satu tugas Badan Litbang SDM dalam menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang kominfo.

SDM Vokasi/Pelatihan SKKNI

Program ini merupakan program pengembangan SDM bidang kominfo dengan sasaran para lulusan SMK/SMA. Melalui program ini para peserta dapat mengikuti pelatihan singkat yang diakhiri dengan sertifikasi berbasis SKKNI.

Pada tahun anggaran 2021, program ini menargetkan total 12.764 orang. Pelaksanaan program turut melibatkan 11 satuan kerja dan UPT Badan Litbang SDM dengan rincian sebagaimana tercantum pada tabel di bawah ini.

Satuan kerja/UPT Pelaksana Program SDM Vokasi/Pelatihan SKKNI Target
Pusbang Proserti 460 orang
BBPSDMP Kominfo Medan 1.650 orang
BBPSDMP Kominfo Makassar 1.250 orang
BPSDMP Kominfo Jakarta 1.300 orang
BPSDMP Kominfo Bandung 1.150 orang
BPSDMP Kominfo Yogyakarta 1.250 orang
BPSDMP Kominfo Surabaya 1.200 orang
BPSDMP Kominfo Banjarmasin 950 orang
BPSDMP Kominfo Manado 850 orang
BPPTIK Cikarang 2.204 orang
STMM Yogyakarta 500 orang
Total 12.764 orang

Digital Talent Scholarship

Program Digital Talent Scholarship (DTS) merupakan program beasiswa pelatihan nirgelar. Pada pelaksanaannya program DTS bekerja sama dengan sejumlah mitra perguruan tinggi maupun perusahaan global.

DTS sendiri telah Badan Litbang SDM selenggarakan sejak akhir tahun 2018. Pada tahun anggaran 2021 ini DTS menargetkan 87.236 orang dengan rincian yang dapat dilihat lebih lanjut pada tabel di bawah ini.

Satuan kerja/UPT Pelaksana Program DTS Target
Pusbang Proserti 47.986 orang
Pusdikat 15.000 orang
BBPSDMP Kominfo Medan 4.310 orang
BBPSDMP Kominfo Makassar 2.310 orang
BPSDMP Kominfo Jakarta 1.780 orang
BPSDMP Kominfo Bandung 1.780 orang
BPSDMP Kominfo Yogyakarta 1.780 orang
BPSDMP Kominfo Surabaya 1.780 orang
BPSDMP Kominfo Banjarmasin 1.780 orang
BPSDMP Kominfo Manado 1.780 orang
BPPTIK Cikarang 6.950 orang
Total 87.236 orang

Hingga 14 Juli 2021, total ada 91.804 pendaftar. Dan 56.921 di antaranya diterima menjadi peserta DTS dengan rincian seperti tampak pada tabel di bawah.

Beasiswa S2/S3 Bidang Kominfo

Program Beasiswa S2/S3 Bidang Kominfo ini terbagi atas dua tujuan wilayah, yaitu dalam negeri dan luar negeri. Untuk Beasiswa Dalam Negeri, terbagi atas dua bidang, yaitu bidang komunikasi dan bidang informatika, dengan sejumlah mitra dari perguruan tinggi negeri, swasta, maupun politeknik.

Sementara untuk Beasiswa Luar Negeri, para pelamar berkesempatan untuk memilih kampus di salah satu dari lima negara tujuan, yaitu Republik Rakyat Tiongkok (Tsinghua University), India (International Institute of Information Technology – Bangalore), Hungaria (Eotvos Lorand University), Belanda (Twente University), dan Jepang (The University of Electro Communication). Pada tahun anggaran 2021 ini, program Beasiswa S2/S3 Bidang Kominfo menargetkan 170 orang.

Pelayanan TIK bagi Masyarakat

Program ini merupakan program pengenalan maupun pelatihan TIK dasar bagi masyarakat. Beberapa sasarannya seperti dari kalangan ibu rumah tangga maupun pelajar.

Program ini menargetkan 4.400 orang pada tahun anggaran 2021. Pelaksanaan program melibatkan sembilan satuan kerja dan UPT Badan Litbang SDM sebagaimana tercantum pada tabel berikut.

Satuan kerja/UPT Pelaksana Program Pelayanan TIK bagi Masyarakat Target
BBPSDMP Kominfo Medan 500 orang
BBPSDMP Kominfo Makassar 500 orang
BPSDMP Kominfo Jakarta 400 orang
BPSDMP Kominfo Bandung 400 orang
BPSDMP Kominfo Yogyakarta 650 orang
BPSDMP Kominfo Surabaya 1.000 orang
BPSDMP Kominfo Banjarmasin 200 orang
BPSDMP Kominfo Manado 600 orang
BPPTIK Cikarang 150 orang
Total 4.400 orang

Kajian Big Data

Dalam pelaksanaan tugas penelitian dan pengembangan di bidang kominfo pada tahun anggaran 2021 ini, Badan Litbang SDM mengambil tema kajian big data. Tema ini diambil berdasarkan kebutuhan penggunaan data dalam pengambilan kebijakan sebagaimana digaungkan oleh Presiden. Pada tahun anggaran 2021, Badan Litbang SDM menargetkan satu kajian terkait big data yang diselenggarakan oleh Puslitbang Aptika dan IKP.

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat