Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP Sebarkan :

Alumni DLA Kunjungi Taman Wisata Genilangit Untuk Mendukung Optimalisasi Promosi Digital Pariwisata

10-12-2021 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 44-1041


Kunjungan Alumni DLA ke Genilangit

Magetan (10/12/2021) – Alumni Digital Leadership Academy (DLA) x Tsinghua University melakukan kunjungan ke Taman Wisata Genilangit yang berlokasi di Kawasan Kaki Gunung Lawu, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sektor wisata Kabupaten Magetan ini telah melakukan berbagai pembenahan, dengan mengembangkan berbagai wisata berkonsep spot foto alam.

Taman Wisata Genilangit Turut Digandrungi Wisatawan Mancanegara

Ketua Karang Taruna Giri Putra Bhakti, Kabupaten Magetan, Agus Gustiono menjelaskan pariwisata Genilangit berawal dari kegiatan kepemudaan yang dilakukannya dengan pemuda setempat dalam pengembangan lokasi pegunungan untuk manjadi tempat wisata. Sekarang tempat ini tidak hanya digandrungi wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara, seperti Thailand, Tiongkok, Korea Selatan, dan Belanda.

Genilangit menawarkan wisata alam yang kekinian, di antaranya gardu pandangan, rumah hobbit, ayunan, sepeda langit, dan berbagai spot foto menarik lainnya. Agus mengaku dukungan pemerintah setempat begitu besar dalam mendorong komunitas kepemudaan.

Lewat Promosi Digital, Genilangit Akan Makin Terkenal

Ketua Pokja DLA, Sadjan mengapresiasi usaha pemuda Magetan yang mampu mengembangkan desa wisata di wilayah tersebut. Namun, dirinya mengingatkan bahwa perlunya landasan hukum yang jelas mengenai pengelolaan Desa Wisata Genilangit yang lahir dari community entrepreneurship.

Lebih lanjut Sadjan mengingatkan bahwa pengelolaan promosi wisata harus memenuhi legalitas yang tepat agar kelak tidak menjadi masalah. Dirinya juga mengatakan perlu meningkatkan promosi digital yang baik agar Genilangit menjadi lebih terkenal dan semakin banyak wisatawan mancanegara yang mengenal Kabupaten Magetan.

Kembangkan Genilangit Menjadi Wisata Ramah Anak

Salah satu alumni DLA x Tsinghua University, yang juga Wakil Dekan Universitas Bengkulu, Yansen mengatakan perlu adanya magnet daya tarik bagi keluarga, seperti rekreasi ramah anak dan sarana edukasi. Pengembangan wisata ramah anak bisa menjadi daya tarik dengan skala market yang lebih besar, seperti adanya penambahan wahana.

Sementara itu alumni DLA lainnya yang merupakan Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Deni Santo menambahkan perlu adanya payung hukum berupa peraturan desa dalam pengembangan wisata di Genilangit. Hal ini mengingat adanya kerja sama antara Perhutani KPH Lawu dengan Karang Taruna Giri Putra Bhakti yang menggunakan lahan Perhutani sebagai lokasi wisata.

Kunjungan alumni DLA x Tsinghua University ini bertujuan untuk memberikan solusi pada permasalahan lokal di tingkat pemangku kebijakan. Tentunya dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dengan mengoptimalkan perkembangan digitalisasi. (Alifia Anandita-Pubdokpus/RAF)


Label: kominfo, kementerian, sdm, litbang, badan, brief, policy, pariwisata, digital, promosi, optimalisasi, mendukung, untuk, magetan, genilangit, wisata, taman, kunjungi, dla, academy, leadership, digital, alumni
Jumlah pengunjung: 1180 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Perpustakaan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat