Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Badan Litbang SDM Kominfo Menggelar Sertifikasi Kompetensi Bidang Komunikasi di Medan

21-07-2017 oleh puslitbang litprof SKKNI, Litprofkom, Pusbang Komunikasi, Sertifikasi Kompetensi

Medan, Kegiatan Serifikasi Nasional berbasis Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Komunikasi yang dilaksanakan oleh Badan Litbang SDM Kominfo melalui Pusat Pengembangan Litprof SDM Komunikasi bagi Angkatan Kerja Muda di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, tanggal 19 – 22 Juli 2017, berlangsung di Grand swiss Belhotel Medan. Kepala Badan Litbang SDM Kominfo dalam sambutan pengarahan yang diwakili Kepala Pusbang Literasi dan Profesi SDM Komunikasi, Prof. Dr. Gati Gayatri, mengharapkan agar para peserta Uji Kompetensi menggunakan sebaik baiknya kesempatan yang sangat berharga ini dalam upaya pemerintah memperkuat daya saing SDM bidang komunikasi sejalan dengan prioritas pembangunan nasional untuk perluasan penciptaan lapangan kerja serta peningkatan keterampilan tenaga kerja. Selanjutnya Gati Gayatri menyatakan upaya itu dilaksanakan dengan penyelenggaraan kegiatan sertifikasi kompetensi bidang komunikasi bagi Sertifikasi Angkatan Kerja Muda yang merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mempercepat pengembangan SDM berbasis Standar Kompentensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Dalam sambutan Gati Gayatri juga menyampaikan, dalam masyarakat industri sistem ketanagakerjaan menjadi lebih fleksible orang bisa bekerja sesuai dengan keiingannnya, orang bisa memilih bekerja sama siapa karena ada teknologi, dan jenis pekerjaan pekerjaan dalam industri akan berubah juga, karena adanya era industri sejak revolusi industri kegiatan kegiatan industri lebih banyak menggunakan tenaga kerja fisik tapi dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi maka pekerjaan pekerjaan industri berubah menjadi pekerjaan yang lebih membutuhkan otak, lebih membutuhkan keahlian dan keterampilan, pekerjaan fisik mulai hilang sehingga jenis pekerjaan didalam industri berubah menjadi blue callar workers menjadi Physical wolker. Satu ciri masyarakat gelombang ke tiga atau yang disebut masyarakat informasi adalah bahwa standarisasi yang mulai diberlakukan sejak masyarkat industri informasi.

Sebelumnya disampaikan laporan panitia oleh Kepala Bidang Literasi Komunikasi, Ricky H. Paat, bahwa kegiatan ini sangat diminati angkatan kerja muda di Medan karena yang mendaftar cukup banyak, tetapi dibatasi dengan persyaratan nilai kelulusan dan IP yang telah ditetapkan oleh panitia serta kuota yang tersedia. Ditambahkan Ricky H. Paat, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan BBPPKI Medan dan LSP TIK Indonesia.


Label: sertifikasi kompetensi, pusbang komunikasi, litprofkom, skkni
Jumlah pengunjung: 159

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat