Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Balitbang SDM Kerja Sama dengan GSMA Tingkatkan Kapasitas 450 ASN Kominfo secara Daring

17-04-2020 oleh RAF kominfo gsma

Jakarta (17/04/2020) - Pandemi COVID-19 memaksa Pemerintah menerapkan kebijakan work from home (WFH) bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN), termasuk ASN Kementerian Kominfo. WFH tersebut mengubah cara bekerja menjadi daring dan membatasi pergerakan fisik untuk membantu upaya Pemerintah dalam menekan kasus penyebaran COVID-19.

Pandemi COVID-19 telah memicu berbagai negara di dunia untuk menerapkan kebijakan lockdown. Namun kebijakan ini turut mendorong Pemerintah di berbagai negara tersebut untuk juga kreatif dalam meningkatkan produktivitas dan keahlian para pegawainya.

Menanggapi keterbatasan peningkatan kapasitas ASN selama penerapan WFH, Badan Litbang SDM bekerja sama dengan GSMA (GSM Association – Asosiasi Operator Telekomunikasi seluruh dunia) menyelenggarakan GSMA Capacity Building untuk 450 ASN Kementerian Kominfo secara daring. Pelatihan daring ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, pengetahuan, dan produktivitas ASN Kementerian Kominfo, khususnya dalam mendukung tugas dan fungsinya dalam pembuatan kebijakan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Terdapat sejumlah tema pelatihan yang dinaungi oleh GSMA. Pada pelatihan daring kali ini, ASN Kementerian Kominfo berkesempatan untuk mengikuti pelatihan dengan tema-tema, sebagai berikut:

  1. Principles of Mobile Privacy;
  2. Leveraging Mobile to Achieve the SDGs;
  3. Mobile Sector Taxation;
  4. 5G, The Path to the Next Generation;
  5. Radio Signals and Health;
  6. Spectrum Management for Mobile Telecommunications;
  7. Competition Policy in The Digital Age;
  8. Responding to Disasters and Humanitarian Crises;
  9. Digital Identity for the Underserved.

Sejumlah 120 ASN Kementerian Kominfo mengikuti pelatihan daring Principles of Mobile Privacy dan Leveraging Mobile to Achieve SDG Targets yang dimulai sejak Kamis (16/04) dengan rentang waktu pelatihan 3-4 minggu untuk masing-masing tema pelatihan. Kementerian Kominfo menjadi mitra institusi pemerintah pertama dari GSMA yang mengirimkan peserta paling banyak pada program pelatihan daring ini.

Selain mendapatkan ilmu, pada pelatihan ini ASN Kementerian Kominfo juga berkesempatan untuk bertukar pikiran dengan peserta dari negara lain. Dan bagi peserta yang telah menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan sertifikat dari GSMA yang telah disertifikasi oleh UK Telecoms Academy. (PPP – EA)


Label: daring, secara, kominfo, asn, 450, kapasitas, tingkatkan, gsma, dengan, sama, kerja, sdm, balitbang
Jumlah pengunjung: 356

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat