Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

BPPKI Yogyakarta Dan Komisi Informasi Daerah DIY Umumkan Pemenang Monev Keterbukaan Informasi Badan Publik 2017

27-10-2017 oleh bppki yogyakarta Komisi Informasi DIY dan BPPKI Yogyakarta Umumkan Pemenang Money Keterbukaan Informasi Tahun 2017

(Yogyakarta, BPPKI Yogya) Dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik se-DIY (25/10/2017), yang bertempat di Gedhong Pracimosono Komplek Kepatihan Yogyakarta, Tim Monev Keterbukaan Informasi Badan Publik BPPKI Yogyakarta dan Komisi Informasi Daerah DIY mengumumkan pemenang monev Keterbukaan Informasi Badan Publik 2017.

Ketua Komisi Informasi Daerah DIY Hazwan Iskandar Jaya dalam laporannya mengatakan, Tim Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi pada Badan Publik Negara dan Non Negara di DIY pada 2017 telah bekerja keras dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu juga dikatakan bahwa pelaksanaan monev ini dilakukan selama kurang lebih lima bulan melalui tiga tahapan penilaian. Tahapan itu meliputi self assesment, penilaian website badan publik dan visitasi ke badan publik yang menjadi nominator​.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam X, Wakil Ketua DPRD DIY, Ketua Komisi A DPRD DIY, Kepala BPPKI Yogyakarta dan seluruh perwakilan OPD Kabupaten/Kota se DIY. Gubernur DIY dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Gubernur DIY, mengatakan, dengan adanya keterbukaan informasi ini, diharapkan dapat menata kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, agar lebih baik dan lebih demokratis. Sebaliknya menurut Gubernur “masyarakat juga harus memahami bahwa keterbukaan bukan berarti sebebas - bebasnya, namun keterbukaan juga harus berjalan sesuai dengan koridor penghormatan terhadap hak asasi manusia dan menjamin adanya rahasia Negara.”

Berikut adalah pemenang Monev Keterbukaan Informasi Badan Publik seDIY:

  1. Kategori OPD Pemda DIY adalah Badan publik Dinas Komunikasi dan Informatika Pemda DIY yang mengungguli Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemda DIY dan Badan Kepegawaian Daerah Pemda DIY
  2. Kategori Instansi Vertikal DIY, yang menjadi pemenang adalah BPKP DIY, kemudian diikuti oleh KPU DIY dan BPK Perwakilan Provinsi DIY.
  3. Kategori lembaga Yudikatif DIY, Pengadilan Tinggi Yogyakarta disusul terbaik kedua dan ketiga adalah Pengadilan Agama Bantul dan Pengadilan Agama Wates.
  4. Kategori OPD Pemkab/Pemkot di DIY, yang menjadi terbaik adalah Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Sleman. Terbaik kedua dan ketiga ditempati oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Sleman dan Dinas Komunikasi dan Informatika Sleman.
  5. Kategori OPD Pemerintah Kecamatan, Kecamatan Ngemplak Sleman yang menjadi terbaik, kemudian diikuti Kecamatan Depok, Kecamatan Godean.
  6. Kategori Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DIY ditempati PD BPR Bank Sleman, PD Bank Pasar Kulonprogo dan PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta. Berturut-turut peringkat satu hingga tiga.

Monev dan penilaian keterbukaan informasi Badan Publik DIY ini merupakan kerja sama antara BPPKI Yogyakarta dan KI DIY. Ini adalah tahun kedua pelaksanaan kerja sama monev. Tiga peneliti BPPKI Yogyakarta yang berkontribusi dalam kerja sama ini adalah Darmanto, SPd, MPA, Drs. Daru Nupikso MPA, dan Suwarto SH, MPA. Penganugerahan ini bertepatan pula dengan momen Hari Keterbukaan Informasi Nasional. (swt)


Label: bppki-yk
Jumlah pengunjung: 859

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat