Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

BPPKI Yogyakarta Selanggarakan Fasilitasi Pengelolaan Website Desa Guna Mewujudkan Desa Informatif

12-10-2016 oleh bppki yogyakarta

Yogyakarta-BPPKI Yogyakarta. Guna meningkatkan literasi kepada masyarakat di bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika, Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Yogyakarta mengadakan kegiatan fasilitasi literasi informatika untuk Perangkat Desa.Bentuk kegiatan yang dilaksanakan di Aula BPPKI Yogyakarta tersebut berupa pembuatan dan pengelolaan website desa Bumirejo, Kecamatan Lendah Kabupaten Kulonprogo. Pelatihan ini terlaksana berkat kerjasama antara BPPKI Yogyakarta dan Bagian Teknologi Informasi dan Humas Setda Kulonprogo.

Pelatihan dibuka secara langsung oleh Kepala BPPKI Yogyakarta Eka Handayani, SE., MM. Dalam sambutannya, beliau menuturkan bahwa pelatihan ini akan mendatangkan efek serta memberikan implikasi yang positif guna membangun masyarakat desa yang peka terhadap perkembangan teknologi informasi. Hal senada juga disampaikan oleh Burhanuddin, SPT.,Kom dari Bagian Humas Setda Kulonprogo, beliau sangat apresiatif atas terselenggaranya pelatihan website. Burhanuddin mengharapkan desa Bumirejo dapat menjadi Pilot Project desa-desa lain di Kabupaten Kulonprogo untuk menjadi desa informatif terkait keterbukaan informasi, serta penggunaan teknologi tepat guna, imbuh beliau di sela-sela waktu istirahat.

Pelatihan website diagendakan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 11 dan 12 Oktober 2016, peserta dari desa Bumirejo terlihat antusias mengikuti rentetan kegiatan. Materi kegitan dibagi menjadi dua, yang pertama adalah pengenalan dan pemanfaatan aplikasi SID (Sistem Informasi Desa) sekaligus pelatihan penggunaan website, sedangkan materi yang kedua adalah pengelolaan content website berupa pelatihan jurnalistik guna mendorong kemampuan atau skillpeserta. (halim)


Jumlah pengunjung: 1649

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat