Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

BPSDMP Kominfo Manado Adakan Pelatihan Internal bagi Peneliti & Pengurus Jurnal PKOP Tentang Penggunaan Aplikasi Sitasi Mendeley

28-01-2021 oleh BPSDMP Kominfo Manado
Nomor Registrasi Konten: 19-718


gambar

“Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian. Tujuan aplikasi Mendeley adalah menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI) menjadi lebih mudah, memungkinkan untuk memperkaya sumber referensi riset, hasil penelitian, menyusun tulisan sesuai prosedur pengutipan dan sitasi yang benar, mengelola dokumen referensi, membantu penulis mengetahui perkembangan riset terkini, menghindari plagiarism karena akurasi sitasi dan kerapian sitasi pada artikel sangat signifikan terstruktur.” Demikian disampaikan Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Manado, Christiany Juditha yang juga sebagai pemateri dalam pelatihan internal bagi peneliti dan pengurus Jurnal Komunikasi dan Opini Publik di lingkup BPSDMP Kominfo Manado, Kamis 28 Januari 2021.


Juditha juga menyampaikan bahwa sekarang ini, aplikasi sitasi seperti Mendeley, sudah merupakan kewajiban untuk dikuasai oleh peneliti dan penulis KTI jika ingin menerbitkan KTI nya di jurnal-jurnal ilmiah yang terakreditasi. Karena penggunaan aplikasi sitasi seperti ini sudah menjadi syarat utama dari jurnal-jurnal ilmiah. Karenanya para peneliti di balai harus menguasai untuk penulisan KTI sdan bagi para pengurus jurnal agar bisa membedakan naskah-naskah yang dimasukkan ke redaksi sudah menggunakan aplikasi sitasi ini atau tidak.


Dalam pelatihan dengan judul “Cara Praktis Menggunakan Aplikasi Sitasi Mendeley” ini tidak hanya diterangkan soal teori tentang aplikasi Mendeley saja tetapi peserta yang ikut juga langsung melakukan praktik menggunakan aplikasi sitasi ini sehingga memudahkan peserta menguasainya dengan cepat. Pelatihan yang diikuti secara antusias oleh seluruh peneliti dan pengurus Jurnal Komunikasi dan Opini Publik di lingkup BPSDMP Kominfo Manado ini berlangsung di Ruang Galeri Internet Balai. (*ij).


Label: pelatihan, manado, bpsdmp kominfo, mendeley, sitasi, karya tulis ilmiah
Jumlah pengunjung: 99 Sebarkan :

Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat