Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

BPSDMP KOMINFO MANADO, LAKUKAN UPSKILLING 100 UMKM DI KOTA PALU

01-11-2021 oleh BPSDMP Kominfo Manado
Nomor Registrasi Konten: 19-955


IMG 20211102 130229

(Palu 01 November 2021) - Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan penelitian (BPSDMP KOMINFO) Manado kembali menggelar pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dengan tema “Bangkit di Masa Pandemi - Pengelolaan Keuangan Digital” khusus bagi kalangan UMKM. Kepala BPSDMP Kominfo Manado bapak Drs. Darsa Jaya Hedar, M.AP, dalam sambutannya menyampaikan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi salah satu pendorong ekonomi di Indonesia sehingga diperlukan juga SDM handal dalam pemanfaatannya. Tingginya pasar dan konsumen yang memanfaatkan Media Digital sebagai tempat bertransaksi jual beli membuat peluang baru yang lebih besar lagi bagi para UMKM melebarkan jangkauan usahanya. Oleh karena itu pemerintah saat ini terus mendorong para pelaku UMKM agar melek teknologi sehingga mampu bersaing baik secara Nasional maupun Internasional. Selain mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dalam memasarkan produk dimedia Digital, pelaku UMKM juga harus mampu dalam mengelola keuangan secara digital.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Walikota Palu diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kota Palu bapak Ichsan Hamsah, SH., M.Si, menyambut baik dan memberikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada Kementerian Kominfo RI melalui kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Palu selaku pelaksana kegiatan. Dalam sambutanya beliau juga menyampaikan, ”dengan adanya teknologi informasi dan digitalisasi telah membuka akses peluang baru UMKM ke pasar regional maupun global, sehingga penting bagi UMKM untuk bereadaptasi dengan perkembangan teknologi. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini UMKM dapat dilakukan upskilling sehingga mampu bersaing dengan pasar dan memajukan ekonomi khusunya Kota Palu”.

Kegiatan yang diikuti oleh 100 peserta UMKM berasal dari Kota Palu dan sekitarnya, akan dilangsungkan selama dua hari di Swiss Belhotel Palu. Hadir pula sebagai narasumber bapak Andi Candra dari Dinas Kominfo Kota Palu dan bapak Setyo Susanto. AT.d dari Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu yang di moderasi langsung oleh Pejabat Fungsional Pengawas Koperasi Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu, Bapak Muslimin, S.Sos, MM. Instruktur kali ini berasal dari Universitas Samratulangi Manado yakni bapak Yantje Uhing, SE,.M.Si, bapak Dr. Victor P.K. Lengkong, SE,.M.Si, ibu Dr. Maryam Mangantar, SE,.M.Si, dan bapak Dr. Jacky S.B. Sumarauw, SE,.M.Si. Nantinya juga hadir pada hari kedua empat pengajar khusus dari Bank BRI Kantor Cabang Palu yakni bapak Isman Buraera, bapak Bahar Hanuria Putra, bapak Abdul Munir, dan bapak I Wayan Rencana.


Label: bangkit dimasa pandemi, palu, bpsdmp kominfo manado, umkm, dea, dts
Jumlah pengunjung: 1223 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Perpustakaan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat