Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP Sebarkan :

FGD Kebijakan Ekonomi Digital Untuk Akselerasi Bisnis Pariwisata Kabupaten Magetan

11-12-2021 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 44-1046


Pelaksanaan FGD

Magetan (11/12/2021) – Peserta Digital Leadership Academy (DLA) melaksanakan focus group discussion (FGD) bertajuk “Kebijakan Ekonomi Digital Untuk Akselerasi Bisnis Pariwisata Kabupaten Magetan” di Pendopo Surya Graha Magetan. Para peserta secara antusias mengikuti FGD.

Kabupaten Magetan Terbuka Untuk Investasi Pariwisata

Kelompok 10 DLA x Tsinghua University sendiri terdiri atas Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Deni Santo; Wakil Dekan Bidang Akademik Universitas Bengkulu, Yansen; Bupati Magetan, Suprawoto; Vice President Department Head of Digital Ecosystem Development Bank Rakyat Indonesia (Persero), Kholis Amhar; General Manager Education Division Kompas Gramedia Group, Jerry Anthonio F. Udampo; dan Chief Executive Officer PT. Prosa Solusi Cerdas, Teguh Eko Budiarto. Kelompok 10 ini telah mengunjungi beberapa objek wisata di Kabupaten Magetan dalam rangkaian acara rencana aksi visitasi pada 11 Desember 2021 untuk melihat potensi pariwisata Kabupaten Magetan.

Dalam FGD tersebut Bupati Magetan, Suprawoto sebagai salah satu peserta DLA bahwa mengatakan program DLA sangat membantunya sebagai salah satu kuda penarik pada perekonomian sektor pariwisata digital dengan membuka jaringan (network) kolaborasi antar sektor dalam upaya perumusan kebijakan yang tepat untuk akselerasi pariwisata di Kabupaten Magetan. Suprawoto menambahkan Kabupaten Magetan terbuka dengan investasi pariwisata untuk mendorong Kabupaten Magetan menjadi tujuan destinasi unggulan di Indonesia.

Perlu Kebijakan Pengembangan Pariwisata Terpadu Digitalisasi

Ketua Pokja DLA, Sadjan menyebut bahwa kegiatan rencana aksi visitasi ke Kabupaten Magetan dapat memperdalam rencana strategis yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Magetan untuk menjaring mitra guna membangun kolaborasi dalam rangka penerapan transformasi digital. Menurutnya, transformasi digital itu adalah suatu keniscayaan yang harus kita hadapi.

Dalam paparannya, Deni selaku Ketua Kelompok 10 menjelaskan bahwa kebutuhan akan adanya kebijakan pengembangan pariwisata yang terpadu dengan dukungan digitalisasi merupakan strategi kebijakan yang harus diimplementasikan untuk menjadikan Kabupaten Magetan destinasi unggulan dengan target pengunjung sebanyak 2,5 juta orang pada 2023. Menurutnya, digitalisasi pariwisata terpadu dan berkelanjutan melalui peningkatan infrastruktur digital dan peningkatan profil wisata dapat diajukan sebagai strategi utama untuk pencapaian target pengunjung.

Dalam FGD ini turut mengundang Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo, I Nyoman Adhiarna yang bergabung secara virtual. Turut hadir pula dinas-dinas terkait, seperti Dinas Kominfo Kabupaten Magetan, Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Magetan, Bappeda Kabupaten Magetan, Kepala Biro Hukum Kabupaten Magetan, Kantor Pertanahan Kabupaten Magetan, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan, serta BPSDMP Kominfo Surabaya sebagai narasumber penguat pada policy brief yang telah dibuat oleh Kelompok 10 dalam menunjang pengaplikasian transformasi digital di Kabupaten Magetan. (Alifia Anandita-Pubdokpus/RAF)


Label: kominfo, fgd, badan, litbang, sdm, ekonomi, digital, untuk, talent, scholarship, dts, kementerian, kabupaten, academy, akselerasi, kebijakan, leadership, dla, focus, group, discussion, pariwisata, bisnis, magelang
Jumlah pengunjung: 880 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Perpustakaan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat