Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Idea Concept Paper: Kompetensi ASN Badan Litbang SDM di Era Revolusi Industri 4.0

27-02-2020 oleh RAF Tiga besar ICP 2020

Malang (27/02/2020) – Semua orang dari berbagai kalangan telah menyiapkan diri untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Untuk menghadapinya semua orang memerlukan strategi dan kompetensi yang pas, termasuk ASN Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo.

Hal itulah yang mendasari pemilihan tema “Kompetensi ASN Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo di Era Revolusi Industri 4.0” pada Idea Concept Paper (ICP) kali ini. ICP merupakan agenda rutin yang diselenggarakan bersamaan dengan pelaksanaan pembinaan pegawai Badan Litbang SDM.

Meski seringnya diikuti oleh para Pejabat Fungsional Peneliti, namun demikian ICP ini sebenarnya terbuka dan dapat diikuti oleh seluruh sivitas Badan Litbang SDM. ICP ini merupakan salah satu wadah bagi setiap sivitas Badan Litbang SDM untuk dapat menyalurkan ide-ide inovatifnya dalam bentuk tulisan singkat, terutama yang berkaitan dengan peningkatan kinerja dan pengembangan institusi.

Dari 54 tulisan yang diseleksi, pada akhirnya diperoleh tiga orang pemenang. Ketiga pemenang tersebut kemudian diumumkan pada sesi hari kedua pembinaan pegawai dengan rincian, sebagai berikut:

  • Pemenang pertama diperoleh oleh Inasari W, salah satu Peneliti dari BPSDMP Kominfo Yogyakarta, dengan tulisannya berjudul ASN-Talentgram: Akselerasi Kompetensi ASN Balitbang SDM;
  • Pemenang kedua diperoleh oleh Riza Azmi, Peneliti dari Puslitbang SDPPPI, dengan karyanya berjudul Lima Pilar Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Dalam Menghadapi Industri 4.0; dan
  • Pemenang ketiga diraih oleh Shera M. Suwito, juga merupakan Peneliti dari Puslitbang SDPPPI, dengan tulisan berjudul Digital Mindset ASN di Era Disrupsi Teknologi 4.0.

Ketiga Peneliti tersebut dinilai telah mampu menuangkan dan mendeskripsikan latar belakang masalah yang diangkat dengan baik. Selain itu, ketiga orang tersebut dinilai memiliki rencana aksi yang inovatif, disampaikan secara detil dengan bahasa yang mudah dimengerti, terukur, dan dapat diimplementasikan.

Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Y. Iskandar menyerahkan hadiah kepada pemenang pertama ICP 2020

Penghargaan bagi ketiga pemenang tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Y. Iskandar. Seperti telah disebutkan di awal, ICP ini merupakan agenda rutin –dilaksanakan dari sejak dua minggu sebelum pelaksanaan pembinaan pegawai– untuk mengumpulkan dan menyalurkan berbagai ide inovatif dari setiap sivitas Badan Litbang SDM. (Pubdokpus- G)


Label: 4.0, industri, revolusi, era, sdm, litbang, badan, asn, kompetensi, paper, concept, idea
Jumlah pengunjung: 253

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat

Siaran Pers