Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Instruktur Untuk 10 Skema Kompetensi Disiapkan Untuk Pelatihan Luring VSGA.

20-04-2021 oleh Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi
Nomor Registrasi Konten: 19-770


Ketua Pokja VSGA membuka ToT - Training of Trainer Bimtek Luring Program VSGA - DTS 2021 Skema Drive Tester dan Fiber Optik Installation and Activation Technician

Sejak 2019 VSGA atau Vocational School Graduate Academy yang merupakan salah satu tema pelatihan Program DTS atau Digital Talent Scholarship, hadir untuk memberikan pelatihan kepada talenta digital lulusan pendidikan Vokasi baik alumni SMK maupun diploma. Dari pelatihan yang diberikan diharapkan peserta berhasil meraih standar kompetensi sesuai skema okupasi yang diikuti melalu assessment atau uji kompetensi berbasis SKKNI.

Sejak pandemi Covid-19 terjadi di dunia khususnya Indonesia, pelatihan VSGA tahun 2020 dilaksanakan secara daring untuk menyesuaikan protokol Kesehatan saat itu. Dengan target peserta sebanyak 12.764 orang, program VSGA tahun 2021 akan menghadirkan pelatihan bidang TIK bagi talenta digital lulusan sekolah vokasi secara luring dan secara daring.

Pelatihan VSGA diberikan kepada lulusan program vokasi seperti SMK, DI, DII, DIII, dan DIV jurusan Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM) serta alumni SMA untuk skema tertentu dengan kategori angkatan kerja muda yang belum bekerja. 2 (dua) jenis pelatihan VSGA yang akan dilaksanakan dengan tujuan Up-Skilling dan Re-Skilling kepada peserta. Up-Skilling dilaksanakan secara daring atau online dengan Teknik pelatihan yang intensif. Sedangkan Re-Skilling dilaksanakan luring dengan Teknik pelatihan Bimbingan Teknis dengan waktu singkat.

Pelatihan VSGA Luring yang akan dilaksanakan di daerah dalam selain dilaksanakan oleh pusat juga akan dilaksanakan oleh UPT daerah juga oleh BPPTIK dan STMM. Sedangkan pelatihan VSGA yang dilkasanakan secara daring akan dilaksanakan di kampus-kampus vokasi dengan kriteria akreditasi B, dengan fasilitas, pengajar, dan bidang studi yang sesuai dengan program VSGA.

Untuk pelatihan VSGA offline ada 10 skema kompetensi yang akan dilaksanakan pelatihannya antara lain, Junior Web Developer, Junior Network Administrator, Junior Mobile Programmer, Junior Graphic Design, Intermadiate Animator, Multimedia Designer, Video Editor, Data Management Staff, Drive Tester, dan Fiber Optic Installation and Activation Technician. Untuk 10 skema tersebut VSGA sudah dan sedang melaksanakan persiapan tenaga Instruktur bagi pelatihan skema-skema tersebut.

Ketua Pokja VSGA, Baso Saleh dihadapan peserta Training of Trainer atau ToT Bimtek dan Sertifikasi Program VSGA – DTS 2021 untuk skema Drive Tester dan Fiber Optic Instalation and Activation Technician menyampaikan bahwa ToT tersebut dilaksanakan untuk menyamakan persepsi para instruktur dalam menyampaikan materi pelatihan kepada peserta. “Mohon diperhatikan Unit Kompetensi yang ada di SKKNI ketika memberikan pelatihan, karena peserta VSGA yang memenuhi syarat, akan di assessment berdasarkan Unit Kompetensi masing-masing skema pelatihan.”

Para calon instruktur yang dilatih selama 2 (tiga) hari adalah para praktisi, akademisi yang direkomendasikan oleh Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi dan UPT daerah. Dalam sambutan pembukaan kegiatan Training of Trainer atau ToT Bimtek dan Sertifikasi Program VSGA – DTS 2021 untuk skema Drive Tester dan Fiber Optic Instalation and Activation Technician Ketua Pokja VSGA, Baso Saleh menyampaikan harapannya “Semoga dengan Bapak dan Ibu sekalian mengikuti kegiatan ToT yang dibuka hari ini, peserta VSGA bisa menyelesaikan uji kompetensi dengan baik dan mendapat capaian Kompeten”.


Label: vsga - dts 2021
Jumlah pengunjung: 34 Sebarkan :

Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat