Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

PELATIHAN & SERTIFIKASI BERBASIS SKKNI BIDANG KOMINFO Sebarkan :

Kepala Badan Litbang SDM, Hary: Pelatihan TIK, Upaya Pemerataan Literasi dan Peningkatan Kompetensi TIK SDM Indonesia

29-03-2021 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 13-751


IMG 1474 2

Cikarang (29/03/2021) – Sebelum pandemi merebak di Indonesia, telah ada kesenjangan antara kebutuhan SDM bidang TIK dengan jumlah SDM TIK yang kompeten. Seiring pandemi, kebutuhan akan penggunaan TIK dalam hampir setiap aspek kehidupan pun bertambah.

Untuk memenuhi kebutuhan SDM bidang TIK itu, BPPTIK mengadakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Bidang TIK Berbasis SKKNI. Pelatihan ini diperuntukkan bagi calon assesor dan angkatan kerja muda.

Pelatihan diawali dengan laporan Kepala BPPTIK, selaku Ketua Panitia, Nusirwan. Dalam laporannya Nusirwan menyampaikan bahwa pelatihan teknis dan sertifikasi bidang TIK bagi angkatan kerja muda kali ini menargetkan 240 orang peserta. Hingga akhir masa pendaftaran tercatat ada 2.218 orang telah mendaftar.

Nusirwan menyampaikan permohonan maaf karena belum bisa mengakomodir seluruh pendaftar, karena ada keterbatasan infrastruktur, LMS, maupun assesor. Dirinya menyampaikan bahwa salah satu tujuan pelatihan bagi calon assesor untuk dapat memenuhi pelatihan TIK bagi masyarakat umum.

Lebih lanjut Nusirwan menyampaikan, “pelatihan dan sertifikasi bagi angkatan kerja muda diselenggarakan selama 14 hari, mulai tanggal 29 Maret s.d. 16 April 2021 secara daring.” Sementara untuk pelatihan dan sertifikasi bagi calon assesor diselenggarakan selama 4 hari, sejak 29 Maret s.d 1 April secara luring.

Kelas pelatihan yang dibuka kali ini, yaitu Junior Office Operator, Junior Web Developer, Junior Graphic Designer, dan Junior Network Administrator. Ada tambahan kelas Teknisi Utama Jaringan Komputer untuk pelatihan dan sertifikasi bagi angkatan kerja muda.

Sebelum resmi membuka pelatihan, Kepala Badan Litbang SDM, Hary Budiarto menyampaikan bahwa pada masa revolusi industri 4.0, ilmu bidang TIK menjadi tulang punggung perkembangan teknologi yang ada saat ini. Namun, ternyata penguasaan TIK oleh SDM Indonesia masih terbilang rendah.

Lebih lanjut Hary menyampaikan bahwa pelatihan yang diselenggarakan BPPTIK ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kesenjangan yang ada. Pelatihan ini juga sebagai upaya pemerataan literasi dan peningkatan kompetensi bidang TIK bagi masyarakat.

Nah, #Solit tertarik mengikuti pelatihan dan sertifikasi bidang TIK? #Solit bisa ikut salah satunya di BPPTIK Cikarang.

===

Pubdokpus – Kontributor: Gaturi; Redaktur: Riguna A. Fazar

Label: pelatihan, skkni, kompetensi, tik, indonesia, bpptik, literasi, teknologi, informasi, komunikasi, badan, litbang, sdm, sdm, sertifikasi, bidang, upaya, pemerataan, peningkatan
Jumlah pengunjung: 62 Sebarkan :

Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat